Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Dosen (IPD) PPNS untuk Meningkatkan Kinerja Pengajaran
Main Article Content
Abstract
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Perguruan Tinggi pendidikan vokasi yang bergerak di bidang perkapalan dan teknologi. Politeknik memiliki dua konsep yang diimplementasikan dan mempengaruhi proses belajar mengajar di PPNS. Proses pertama Teaching Factory atau disebut juga Production Based Learning atau pembelajaran berbasis produksi. Untuk mendukung program pendidikan yang ada di PPNS, Kompetensi dosen sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Dosen harus mempunyai kualifikasi yang diperlukan bagi penyampaian ilmunya kepada mahasiswa. Proses pembelajaran merupakan wujud pelaksanaan dari kurikulum yang ada dalam sebuah program studi. Salah satu rangkaian pembelajaran adalah evaluasi terhadap proses pembelajaran itu sendiri. Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari masukan, proses dan keluaran, maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses dan keluaran pembelajaran. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi dosen dan membuat model regresi logistik. Sehingga akan mengahasilkan suatu analisis yang lebih menyeluruh untuk perbaikan sistem evaluasi kinerja dosen yang lebih efektif. Metode yang digunakan dalam penenelitian ini adalah regresi logistik ordinal. Penelitian ini menggunakan lima variabel prediktor yaitu masa kerja (X1), Keikutsertaaan Pekerti (X2), Keikutsertaaan AA (X3), Status Serdos (X4), Beban Mengajar (X5). Sedangkan Variabel Respon adalah Nilai IPD (Y). Berdasarkan hasil analisis pengaruh dengan regresi logistik Ordinal diperoleh kesimpulan, Lima variabel prediktor secara statistik tidak signifikan dalam mempengaruhi IPD, ditunjukkan dengan nilai P-Value lebih besar dari α (0,05).
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).