Submission
Peserta dapat melakukan registrasi dan login akun untuk dapat melakukan dan mengecek status submission.
Author mengirimkan artikel secara online melalui halaman berikut.
https://journal.ppns.ac.id/index.php/SeminarMASTER/about/submissions

Sudah ada akun Seminar MASTER? Klik untuk login

Belum memiliki akun? Klik untuk registrasi

A. Persyaratan Umum
Author harus terdaftar sebagai author di website untuk dapat mengirim manuskrip secara online 
  1. Ditulis dalam Bahasa Indonesia
  2. Naskah yang dikirimkan berformat .docx dan memiliki minimal 10 halaman dan maksimum 16 halaman
  3. Artikel diketik dengan menggunakan huruf Times New Romans 10 pt. Artikel ditulis dengan spasi multiple 1.1, kertas ukuran A4, dengan top margin = 2.5 cm, bottom margin = 1,5 cm, left = 2 cm, dan right = 2,5 cm
  4. Menggunakan alat seperti Mendeley, EndNote, atau Microsoft Word untuk manajemen referensi
  5. Gaya pengutipan menggunakan (style) APA edisi ke-7 dengan format (nama, tahun). Contoh Contoh melakukan rujukan awal kalimat: Ashing-Giwa et al., (2004) menyatakan….. Contoh rujukan disebut diakhir kalimat: ………(Schmidt & Brown, 2017). Rujukan untuk beberapa pustaka yang disebut di akhir kalimat dapat ditulis:.........( Ashing-Giwa et al., 2004; McCormack et al., 2013; Schmidt & Brown, 2017). Pada kutipan jika penulis pustaka lebih dari dua orang maka gunakan et al.
  6. Pastikan bahwa makalah Anda disiapkan dengan menggunakan template makalah Seminar MASTER
  7. Artikel harus di bawah 20% diperiksa oleh perangkat lunak plagiarisme (Editor akan melakukan pemeriksaan kesamaan)
  8. Catatan: Penulis yang tidak mengikuti persyaratan minimum tersebut maka pengajuan akan ditolak

B. Struktur Naskah
Naskah harus dipersiapkan dan disarankan untuk mengikuti struktur berikut:
1. Judul
Judul makalah harus menggambarkan tujuan penelitian, metode/model, dan sasaran, tanpa singkatan atau akronim, menggunakan format title case dengan ukuran huruf 16pt dan tidak lebih dari 15 kata. 
2. Penulisan nama dan Afiliasi
Nama penulis dan afiliasi ditulis rata tengah pada halaman pertama. Penulis Utama atau Penulis Korespondensi (Corresponding Author) harus ditandai dengan tanda asterisk menggunakan footnote seperti contoh yang diberikan. Komunikasi tentang revisi artikel dan keputusan akhir akan dikomunikasikan melalui email Penulis Korespondensi. 

3. Abstrak
Abstrak artikel ditulis dalam 2 bahasa, yaitu abstrak Bahasa Indonesia dan abstrak Bahasa Inggris. Abstrak berisi 100 sampai 250 kata dengan spasi tunggal. Abstrak harus ditulis dalam 1 paragraf dan berisikan latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Kata kunci maksimal 5 kata atau frasa dalam urutan abjad, yang belum digunakan dalam judul. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dan antarkata kunci dipisahkan dengan tanda koma (,).

4. Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisikan latar belakang penelitian, review artikel dan tujuan penelitian. Bagian pendahuluan hanya terdiri dari 1 bab dan tidak diperbolehkan dipecah menjadi beberapa subbab. Tulislah state-of-the art dari penelitian yang dilakukan dan tunjukkan kebaruan atau seberapa besar kontribusi penelitian yang dilakukan terhadap penelitian sebelumnya. Bila perlu gunakan tabel yang menunjukkan posisi penelitian dengan penelitian sebelumnya.
5. Metode Penelitian
Bagian ini berisikan penjelasan tentang bagaimana sebuah penelitian dikerjakan. Tahapan penelitian dan metode penelitian perlu dijelaskan secara detail sehingga memudahkan pembaca memahami alur penelitian. Pada bagian ini penulis dapat mencantumkan persamaan matematis yang digunakan dalam penelitian. Setiap persamaan matematis harus diberikan nomor dan dimulai dari nomor (1). Nomor persamaan ditulis dalam tanda kurung dan diletakkan disebelah kanan persamaannya.

6. Hasil dan Diskusi
bagian ini dijelaskan beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa bagian ini hanya menampilkan hasil-hasil penting dari penelitian, sehingga tidak semua hasil penelitian perlu ditampilkan di bagian ini. Pembahasan juga perlu dilakukan secara mendetail pada hasil-hasil yang dipandang menarik sehingga mendukung kontribusi penelitian. Pembahasan yang baik juga perlu membandingkan hasil yang didapatkan dengan hasil dari penelitian lainnya. Adapun dalam pembahasan ini hal-hal yang diuraikan harus dapat menjawab tujuan yang telah dikemukakan pada bagian pendahuluan. Gunakan tabel, grafik atau gambar untuk menjelaskan hasil yang dianggap penting dalam penelitian. Berikut adalah contoh penulisan tabel dan gambar.

7. Kesimpulan
Bagian kesimpulan harus dapat menjawab tujuan penelitian. Jelaskan hasil-hasil penting yang didapatkan yang terkait dengan tujuan penelitian. Selain itu, bagian ini juga menjelaskan keterbatasan penelitian yang dilakukan dan gagasan penelitian berikutnya. Bagian ini ditulis dalam bentuk paragraf dan tidak diperbolehkan ditulis dalam poin-poin.
8. Ucapan Terimakasih
Penulis dapat menuliskan ucapan terima kasih terutama kepada pihak yang secara tidak langsung membantu penelitian atau lembaga yang membantu pendanaan penelitian. Apabila menuliskan ucapan terima kasih kepada pemberi hibah harap mencantumkan nomor hibah risetnya. Bagian ini ditulis dalam bentuk paragraf dan tidak diperbolehkan ditulis dalam poin-poin. 
9. Daftar Pustaka
Daftar pustaka disusun menurut abjad dan diketik satu spasi.  Gunakan referensi primer, seperti jurnal, prosiding atau buku, untuk memperkaya bagian daftar pustaka. Pastikan bahwa setiap pustaka yang ditulis di daftar pustaka harus disitasi dalam artikel. Format penulisan daftar pustaka menggunakan gaya penulisan (style) APA edisi ke-7. Disarankan menggunakan fasilitas pengelolaan referensi yang disediakan oleh aplikasi Mendeley, EndNote, atau Microsoft Word. Kami merekomendasikan penggunaan aplikasi Mendeley untuk memudahkan melakukan proses sitasi dan pembuatan Daftar Pustaka. Contoh Daftar Pustaka pada masing-masing sumber.

C. Periksa Persiapan Pengiriman
Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diharuskan untuk memeriksa kesesuaian kiriman dengan semua hal berikut, dan kiriman dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga belum pernah diajukan ke jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar untuk Editor).
  2. File pengiriman menggunakan template Seminar MASTER
  3. Berkas pengajuan dalam format file Microsoft Word (Batas Ukuran File 10 MB)
  4. Referensi menggunakan gaya APA Edisi Ke-7. Silahkan gunakan Mendeley untuk membantu manajemen referensi.

D. Penelaahan Naskah
Setiap naskah yang masuk akan ditinjau secara independen oleh setidaknya dua mitra bestari. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mitra bestari. Jika dua atau lebih peninjau menganggap naskah tidak sesuai untuk diterbitkan dalam jurnal ini, sebuah pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirim ke penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.

E. Revisi Naskah
Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk direvisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Naskah yang telah direvisi dapat dikirim ke kantor editorial melalui Antarmuka Pengiriman Online. Naskah yang telah direvisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai naskah baru.

F. Publikasi dan Etika Kepengarangan

  1. Penulis diwajibkan untuk memberikan daftar referensi lengkap yang dikutip dalam naskah.
  2. Jika penulis menerima dukungan keuangan untuk melakukan penelitian yang dilaporkan dalam makalah yang dikirimkan, mereka harus memberikan informasi tersebut.
  3. Seminar MASTER tidak dapat menanggung plagiarisme dan data palsu dalam makalah apa pun. Seminar MASTER memiliki kebijakan yang ketat terhadap plagiarisme, yang diperiksa melalui dua metode: pemeriksaan peninjau dan alat pencegahan plagiarisme (iThenticate). Semua naskah yang masuk akan diperiksa sebelum dikirim ke reviewer.
  4. Jika terdapat informasi yang tidak benar dalam sebuah artikel, penulis bertanggung jawab untuk melakukan pencabutan atau koreksi atas kesalahan tersebut.
  5. Dilarang keras mempublikasikan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau prosiding.

     

    Tata Cara Mengunduh Prosiding Seminar Master

    1. Klik link berikut https://journal.ppns.ac.id/index.php/SeminarMASTER/issue/archive
    2. Pilih prosiding seminar master sesuai volume dan tahun yang ingin diunduh
    3. Klik kanan tombol PDF
    4. Klik save link as
    5. Pilih folder untuk menyimpan
    6. Klik enter
    7. Klik “keep” maka file akan tersimpan dalam *.pdf