Persepsi Mahasiswa Teknik terhadap Peningkatan Safety Awareness melalui Aplikasi Teknologi pada Pendidikan 4.0
Main Article Content
Abstract
Proses belajar mengajar pada Pendidikan Vokasi yang berkaitan erat dengan Industri dituntut untuk lebih kreatif guna menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa teknik di abad 21. Integrasi aplikasi teknologi ke dalam proses belajar mengajar dapat menjadi alternatif yang baik dalam sinerginya
terhadap Revolusi Industri 4.0 dan peningkatan safety awareness. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian Uji Beda dengan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknik terhadap peningkatan safety awareness melalui aplikasi teknologi dalam proses belajar mengajar serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi teknologi terhadap peningkatan safety awareness di lingkungan kerja praktik. Kuesioner dan interview digunakan untuk mengumpulkan data persepsi kesadaran terhadap keselamatan dan kesehatan kerja praktik dari 60 mahasiswa teknik untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan T-Test. Hasil penelitian mengidikasikan jika tidak terjadi perbedaan secara signifikan antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan terhadap peningkatan safety
awareness melalui aplikasi teknologi dalam proses belajar
mengajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, juga diharapkan
agar hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap
mahasiswa, institusi, dan pihak terkait dalam meningkatkan
keselamatan dan kesehatan kerja praktik di lab/ bengkel dengan
mempertimbangkan faktor gender serta optimalisasi
penggunaan aplikasi teknologi dalam pembelajaran.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).