Analisis Pengaruh Kenyamanan Termal dan Tingkat Risiko PJK terhadap Mutu Hasil Pembelajaran di Politeknik (Studi Kasus di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Main Article Content
Abstract
Kesehatan fisik merupakan salah satu faktor
yang sangat penting dalam menunjang produktifitas kerja.
Tenaga kerja yang mengalami gangguan kesehatan akan
menurunkan kemampuan fisik, berfikir, bahkan menyebabkan
kecelakaan kerja. Penyakit Jantung Koroner (PJK) telah
menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh kenyamanan termal dan
tingkat risiko PJK terhadap mutu hasil pembelajaran di
politeknik
Metode dalam penelitian ini cross sectional dengan
jumlah responden 12 orang. Metode penentuan responden
dengan kriteria inklusi usia, beban mengajar, jurusan, dan
kesediaan. Untuk kenyamanan termal diukur menggunakan
WBGT. Untuk melihat tingkat risiko Penyakit Jantung Koroner
menggunakan metode Framingharm score. Metode ini diambil
dari beberapa hasil pemeriksaan. Mutu hasil pembelajaran
dilihat dari hasil nilai mahasiswa serta lembar evaluasi dosen
pada mata kuliah ybs. Analisis statistik menggunakan regresi
logistik biner.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kenyamanan
termal berpengaruh terhadap mutu hasil pembelajaran.
Sedangkan PJK tidak berpengaruh terhadap mutu hasil
pembelajaran. Dari hasil uji serentak tidak didapatkan
pengaruh. Rekomendasi yang dapat disusun antara lain pihak
manajemen memperhatikan kenyamanan termal masing-masing
kelas dengan memasang air conditioning pada masing-masing
kelas, serta memperbaiki ventilasi yang ada
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).