Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Guru PAUD dalam Melakukan Pemantauan Psikomotorik Pada Balita Menggunakan Metode Denver II
Main Article Content
Abstract
Anak usia dini merupakan masa emas untuk melandasi keberhasilan proses kehidupan untuk menjadi individu, masyarakat dan bangsa yang sehat, sejahtera, dan bermartabat. Edukasi terhadap guru PAUD adalah langkah awal untuk membuka kesadaran para pendidik Indonesia untuk menciptakan calon generasi muda yang sehat dan berkualitas. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan guru PAUD dalam melakukan pemantauan perkembangan psikomotorik pada Balita dengan menggunakan metode Denver II di kecamatan Buduran Sidoarjo bertujuan memberikan pengetahuan para guru-guru PAUD untuk memantau kemampuan anak-anak dalam tumbuh kembang secara Psikomotorik, Afektif dan Kognitif sesuai usia mereka. Melalui metode diskusi interaktif dan praktek telah dipaparkan penilaian Denver II kepada balita langsung. Rata-rata nilai pre tes adalah 24,6 dan nilai pos tes 91,5. Dengan nilai terendah pre tes 0 dan nilai pos tes 100. Peningkatan pengetahuan Guru PAUD sebesar 66,9%. Untuk aspek ketrampilan meningkat sebanyak 75% dari awal praktikum.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).