Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Unit Layanan di PPNS Menuju Pelayanan Prima

Main Article Content

Devina Puspita Sari
Farizi Rachman
Nurul Hidayati
Galih Anindita

Abstract

PPNS merupakan Perguruan Tinggi pendidikan vokasi yang bergerak di bidang perkapalan dan teknologi. Politeknik memiiki dua konsep yang diimplementasikan dan mempengaruhi proses belajar mengajar di PPNS. Proses pertama Teaching Factory atau disebut juga Production Based Learning atau pembelajaran berbasis produksi. Mahasiswa akan belajar memproduksi dan melakukan pekerjaan layaknya di industri. Yang kedua adalah Link and Match yaitu Kurikulum dan materi perkuliahan disesuaikan dengan kebutuhan industri. PPNS telah memiliki beberapa kerjasama dalam Industrial Advisory Board dimana salah satu fungsi utamanya adalah pemutakhiran kurikulum. Untuk mendukung program pendidikan yang ada di PPNS, maka unit layanan di PPNS harus
memiliki sistem pelayanan yang prima. PPNS perlu memperhatikan kepuasan pengguna jasa terhadap layanan pendidikan karena hal tersebut dapat dijadikan sebagai evaluasi dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja pelayanan pendidikan di masa yang akan datang. PPNS sebagai lembaga perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas sehingga mampu mencetak mahasiswa dan alumni yang terampil, cerdas, dan kompeten. Banyak faktor yang menentukan pelayanan dalam bidang pendidikan PPNS, sehingga dibutuhkan suatu analisis yang dapat melihat pengaruh faktor-faktor tersebut secara keseluruhan. Penelitian ini menghitung indeks kepuasan dosen, karyawan, dan mahasiswa tehadap unit layanan PPNS. Secra
keseluruhan didapatkan indeks sebesar 2,79 yang berarti berada dalam kategori baik.



Kata kunci— pelayanan, indeks, kepuasan

Article Details

Section
MASTER 2018

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2