Analisis Hasil Pelatihan Microsoft Excel Tenaga Kependidikan PPNS Melalui Uji Beda T
Main Article Content
Abstract
Dalam upaya penyederhanaan kerja, efisiensi
waktu, serta upaya tercapainya produktivitas kerja yang ideal,
pemanfaatan teknologi dan komunikasi (TIK) telah banyak
digunakan dalam pengelolaan data pendidikan institusi. Upaya
dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dan
penyesuaian terhadap perubahan budaya kerja yang sebelumnya
paper-based menjadi data elektronik dengan tuntutan kemudahan
akses dan mudah terolah menjadi kebutuhan yang harus
terpenuhi. Hal ini terjawab dengan diadakannya pelatihan
peningkatan kompetensi, menjadi hal yang melatarbelakangi
penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah
terdapat perbedaan pemahaman dan kemampuan operasional
kerja antara sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan
Microsoft Excel kepada tenaga kependidikan. Pengambilan data
dilakukan pada 29 responden dengan melihat waktu penyelesaian
terhadap dua soal, sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Uji
normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dilakukan untuk melihat
apakah data berdistribusi normal atau tidak. Hasil uji
menunjukkan nilai Asymp.sig Sig di bawah 0,05, sehingga data
tidak normal. Oleh karenanya uji beda dilakukan dengan statistic
non parametris, yaitu menggunakan Wilcoxon test. Dari hasil uji
tersebut, nilai Asymp.sig lebih kecil dari tingkat signifikansi (0,000
< 0,005), sehingga hal ini menunjukkan adanya perbedaan waktu
penyelesaian pekerjaan antara sebelum dan sesudah pelatihan
Microsoft Excel pada tenaga pendidikan. Hasil penelitian juga
menunjukkan jika pelatihan berdampak secara signifikan dan
positif pada optimalisasi kinerja tenaga kependidikan, khususnya
dalam bidang pengadministrasian dan pengolahan data
pendidikan. Dari hasil yang didapatkan, maka rekomendasi dari
penelitian ini ditujukan bagi: (1) institusi, (2) Tenaga Pendidikan,
dan (3) penelitian selanjutnya.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).