Strategi Pemasaran Sirup Mangrove
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Makalah ini menyajikan hasil dari program IbM tentang konservasi mangrove untuk ekologi dan ekonomi. Hutan mangrove merupakan ekosistem yang tidak hanya mempunyai fungsi ekologis, tetapi juga ekonomis bagi manusia dan organisme lainnya. Fungsi ekologi seperti melindungi pantai dari abrasi, menahan sediman, pengolah limbah sering terabaikan karena manfaatnya tidak dirasakan langsung oleh manusia. Untuk itu faktor ekonomi yang menjadi salah satu daya tarik untuk melestarikan mangrove ditingkatkan melalui pengabdian masyarakat ini. Pengolahan dan pemanfaatan buah mangrove menjadi produk olahan dikenalkan melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan pada kelompok tani sekitar hutan mangrove di Gunung Anyar. Pemasaran menjadi kunci utama dari berjalannya program ini. Untuk itu perumusan mengenai segmen pasar, konsep branding, lokasi penjualan, konsep dan mekanisme penjualan, ukuran dan jenis kemasan menjadi sangat vital untuk dilakukan di awal. Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) perlu dilakukan sebagai pertimbangan dan menentukan strategi yang akan diambil. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya komunitas pengolah buah mangrove dan penjualan sirup mangrove secara kontinyu. Produk dipasarkan dengan mempertimbangkan segmen pasar, diferensiasi produk, dan konsep pemasaran tanpa mengabaikan perencanaan dan desain kemasan. Diharapkan produk ini tidak hanya dikenal di sekitar daerah hutan Mangrove, tetapi juga dapat menjadi ikon minuman khas Surabaya. Disisi lain, mangrove bisa menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat sekitar dan dengan munculnya ‘enterpreneur’ baru diharapkan mampu menjadi motor penggerak perekonomian
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).