Efektifitas Teknologi Multimedia terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Teknik
Main Article Content
Abstract
Penelitian eksperimen/ uji coba (Experimental Study) ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penguasaan kosakata bahasa Inggris teknik berbasis multimedia di pendidikan tinggi vokasi. Pre-test dan Post-test serta quisioner sebagai instrumen penelitian diberikan pada mahasiswa semester pertama yang terbagi dalam dua kelompok. Hasil uji coba menunjukkan jika terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara experimental group dengan control group. Pada kelompok yang mendapatkan perlakuan (treatment) selama 5 (lima) kali pertemuan, terjadi peningkatan nilai dari hasil Post-test. Penggunaan multimedia di sini sebagai salah satu aplikasi teknologi interaktif yang dapat diterima dalam proses belajar mengajar kosakata bahasa Inggris dapat meningkatkan pengetahuan kosakata teknik, memotivasi mahasiswa untuk lebih belajar mandiri dan berkolaborasi dalam belajar serta membangun kemampuan dalam pemecahan masalah (problem solving skill). Sehingga tidak dapat dipungkiri jika penggunaan teknologi multimedia memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi pengajar, dikarenakan penggunaan teknologi multimedia dalam pembelajaran kosakata teknik lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan di era moderen ini.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).