Efektifitas Teknologi Multimedia terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Teknik

Main Article Content

Ika Erawati
Miftachudin .

Abstract

Penelitian eksperimen/ uji coba (Experimental Study) ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penguasaan kosakata bahasa Inggris teknik berbasis multimedia di pendidikan tinggi vokasi. Pre-test dan Post-test serta quisioner sebagai instrumen penelitian diberikan pada mahasiswa semester pertama yang terbagi dalam dua kelompok. Hasil uji coba menunjukkan jika terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara experimental group dengan control group. Pada kelompok yang mendapatkan perlakuan (treatment) selama 5 (lima) kali pertemuan, terjadi peningkatan nilai dari hasil Post-test. Penggunaan multimedia di sini sebagai salah satu aplikasi teknologi interaktif yang dapat diterima dalam proses belajar mengajar kosakata bahasa Inggris dapat meningkatkan pengetahuan kosakata teknik, memotivasi mahasiswa untuk lebih belajar mandiri dan berkolaborasi dalam belajar serta membangun kemampuan dalam pemecahan masalah (problem solving skill). Sehingga tidak dapat dipungkiri jika penggunaan teknologi multimedia memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi pengajar, dikarenakan  penggunaan teknologi multimedia dalam pembelajaran kosakata teknik lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan di era moderen ini.

Article Details

Section
Maritime safety and environmental

Most read articles by the same author(s)