Kendali Kecepatan Motor Dengan Kontrol Pid Menggunakan Metode Metaheuristik

Main Article Content

Deny Dermawan
Habibi Ahmad Basyari
Muhammad Fikri Fathurrohman
Anggara Trisna Nugraha

Abstract

Kemajuan teknologi kontrol digunakan di hampir setiap industri di seluruh dunia. Motor arus searah (DC) adalah aktuator yang banyak digunakan dalam industri dan teknologi kontrol. Motor DC memiliki respons yang cepat tetapi memiliki ekskursi yang stabil. Oleh karena itu, diperlukan pengontrol yang sesuai dengan karakteristik motor DC. Pengontrol proporsional-integral-derivatif (PID) adalah pengontrol aksi respons cepat yang cocok untuk mengontrol kecepatan motor DC. Dalam karya ini, kami menggabungkan metode metaheuristik dari algoritma genetika untuk menemukan parameter PID yang optimal dibandingkan metode PID tradisional yang digunakan sejauh ini, karena overshoot yang rendah dan kecepatan kondisi mapan yang jauh lebih cepat. Dicari keuntungan. Dari parameter PID-nya yang diperoleh dari metode meta-heuristik yang diimplementasikan pada motor DC, hasil respon sistem dibandingkan dengan metode konvensional (trial and error, Ziegler-Nichols, dan optimisasi metaheuristiknya untuk simulasi Simulink). hukum) dapat dibandingkan. MATLAB). memperoleh.

Article Details

Section
MASTER 2023

References

K.Ogata, Modern Control Engineering, Fifth ed.New Jersey: Prentice Hall, 2010.

Grassi, E., Tsakalis, K., Dash, S., Gaikwad, SV, Macarthur, W., & Stein, G. (2001). Identifikasi sistem terintegrasi dan penyetelan kontroler PID dengan loopshaping frekuensi. Transaksi IEEE pada Teknologi Sistem Kontrol.

Khin Ei Ei Khine., Win Mote Mote Htwe., Yin Yin Mon., (2019). Simulasi Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC dengan menggunakan Kontroler PID. IJTSRD,: 2456-6470.

JB Ziegler dan NB Nichols, “Pengaturan optimal untuk pengontrol otomatis,” Jurnal Sistem Dinamis, Pengukuran, dan Kontrol, vol. 115, tidak. 2B, hlm. 220-222, 1993.

Institut Teknologi dan Manajemen, Jamshedpur, India, Kamal Kishor, Departemen Teknik Elektronika dan Komunikasi, Institut Teknologi Ramgovind, Koderma, India, Pankaj Rai, Departemen Teknik Listrik, BIT Sindri, Dhanbad, India, Visioli, Kontrol PID Praktis. London: Springer, 2006.

Ferdinandus, Aprildy Randy Andrew, Anggara Trisna Nugraha, dan Jamaaluddin Jamaaluddin. "Mengatur Kontrol PID Neuro-Fuzzy Pada Tanaman Suspensi Aktif Nonlinier." Jurnal Fisika: Seri Konferensi. Vol. 1114. No. 1. Penerbitan IOP, 2018.

Nugraha, AT, dan T. Agustinah. "Jalur quadcopter mengikuti desain kontrol menggunakan umpan balik keluaran dengan pelacak generator perintah LOS berdasarkan jalur persegi." Jurnal Fisika: Seri Konferensi. Vol. 947. No. 1. Penerbitan IOP, 2018.

Nugraha, Anggara Trisna. Desain Kontrol Path Following Quadcopter Dengan Command Generator Tracker Model following. Dis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Bimbra, PS 1990. Mesin Listrik. Delhi: Penerbit Khana.

Linsley, Trevor. 1998. Pekerjaan Instalasi Listrik Dasar Edisi Ketiga. Kidlington (Inggris): Elsevier Ltd.

Anggono, Tri. 2011. Perancangan Sistem Kontrol Tekanan Uap Pada Boiler Steam Drum Skala Kecil Menggunakan PID dan LQR [thesis]. Depok (ID): Universitas Indonesia.

Fitzgerald. AE 1992. Mesin Listrik (Edisi ke-4). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Berahim, Hamzah. 1994. Pengantar Teknik Elektro. Yogyakarta: Andi Offset.

Mehta, Samir & John Chiasson. 1998. Kontrol Nonlinear Motor DC Seri: Teori dan Eksperimen. Transaksi IEEE pada Industri Elektronik. 45(1): 134141.

Dubey, Saurabh & SK Srivastava. 2013. Analisis Real Time Motor DC Terkendali PID. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering. 01(8): 1965-1973.

Nugraha, Anggara Trisna, dan Trihastuti Agustinah. "Jalur quadcopter mengikuti desain kontrol menggunakan umpan balik keluaran dengan pelacak generator perintah berdasarkan LOS." International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA) 2017. IEEE, 2017.

Achmad, Irgi, dan Anggara Trisna Nugraha. “Implementasi Voltage Stabilizer Pada Sistem Solar Cell Menggunakan Buck-Boost Converter.” Jurnal Elektronika, Teknik Elektromedis, dan Informatika Medis 4.3 (2022): 154-160.

Nugraha, Anggara Trisna, Alwy Muhammad Ravi, and Mayda Zita Aliem Tiwana. "Penggunaan Algoritma Interferensi dan Observasi Untuk Sistem Pelacak Titik Daya Maksimum Pada Sel Surya Menggunakan Konverter DC-DC Photovoltaics." Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi 1.1 (2021): 8-18.

Ivannuri, Fahmi, dan Anggara Trisna Nugraha. "Implementasi Fuzzy Logic Pada Turbine Ventilator Sebagai Energi Terbarukan." Jurnal Elektronika, Teknik Elektromedis, dan Informatika Medis 4.3 (2022): 178-182.

Zakariz, Naufal Praska, Anggara Trisna Nugraha, and Khongdet Phasinam. “Pengaruh Variasi Inlet Notch Pada Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Dengan Metode Eksperimental Untuk Memperoleh Kecepatan Turbin Optimal.” Jurnal Elektronika, Teknik Elektromedis, dan Informatika Medis 4.1 (2022): 35-41

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>