Analisis Kekuatan Spud Pada Kapal Amphibious Multipurpose Dredger Untuk Wilayah Sungai Porong Sidoarjo

Main Article Content

Fangki Indra Wijayanto
Priyambodo Nur Ardi Nugroho
Boedi Herijono

Abstract

Amphibious Multipurpose Dredger merupakan kapal penggerukan Amphibi yang dapat beroperasi di dua alam, baik di darat maupun perairan dengan menggunakan Spud sebagai alat Mobilitasnya. Sehingga dalam pengerjaan tugas akhir ini lebih memfokuskan tentang pembebanan yang diterima spud dan juga konsep desain spud yang layak digunakan untuk spud Kapal Amphibious Multipurpose Dredger dimana menggunakan dua validasi yaitu perhitungan manual dan juga perhitungan Software Finete Elemen Method.Rumusan masalah pertama yaitu menentukan pembebanan yang dialami Spud, pembebanan pertama di dapat dari beban internal kapal sebesar 106 548,2346 N, dan beban lingkungan yang diperoleh dari tekanan arus sebesar 39,9349 N, tekanan angin sebesar 130,5474 N. Serta, rumusan masalah kedua yaitu perbandingan variasi dua konsep desain yang berbeda, hasil simulasi yang sudah dilakukan untuk konsep desain Spud  hollow material ASME B36.10 Carbon Steel Sch 40 mengalami tegangan equivalent stress sebesar 19,349 N/dan mengalami defleksi sebesar 1,6370  dan pada konsep desain spud dengan pipe ASME B36.10 Carbon Steel Sch 40 tetapi menjadi solid atau pejal karena diisi semen (Concrete) jenis Portland mengalami tegangan equivalent stress sebesar 5,5567 N/ dan mengalami defleksi sebesar 1,5950  pada kontruksi spud-nya. Rumusan masalah ketiga, hasil nilai tersebut dapat kita tentukan bahwa kedua konsep desain spud memenuhi dan sesuai standart Factor of Safety, berdasarkan  dan efisiensi material penulis memilih desain Spud hollow sebagai Spud yang akan digunakan untuk kapal Amphibious Multipurpose Dredger.

Article Details

Section
MASTER 2023

References

Alhakim, f. (2021). ANALISA PERHITUNGAN KEKUATAN STRUKTUR PONDASI WINDLASS PADA KAPAL HARBOUR TUG DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. SURABAYA: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
American Wood Council. (2007). Beam Design Formulas With Shear and Moment. Washington: American Forest & Paper Association.
Aufa, D. M. (2018). Desain Amphibious Dredger Untuk Pengerukan Sungai Porong Sidoarjo Di Daerah Buangan Lumpur Lapindo. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan.
Febriyan , A. (2022). Analisa Kekuatan Spud Bracket Sebagai Sistem Mooring Kapal Barge Mounted Power Plant 60 MW. Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Gere, J. M., & Timoshenko, S. P. (1972). Mekanika Bahan Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Gupta, K. &. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia. LTD: Publishing House (PVT).
Indonesia, Biro Klasifikasi. (2021). Volume II Rules for Hull. 1 ed. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia.
Kusumo, D. (2019). Luas Penampang, Momen Inersia dan , Momen tahanan . Slideplayer.
Maratua, N. H. (2020). PERANCANGAN SPUD PADA DREDGER BARGE 25 METER. BATAM: Jurnal Teknologi dan Riset Terapan 2(2):70–79.
Prasetyo, A. C. (2022.). Analisis Safety Factor pada Frame Mobile SPBKLU Berbasis PLTS sebagai Sumber SPBKLU. JAWA TIMUR: Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin.
Rosyadi, F. A. (2021). ANALISA KEKUATAN DECK KAPAL PEMBANGKIT LISTRIK KAPASITAS 60 MW. SURABAYA: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.