Analisis Kekuatan Spud Pada Kapal Amphibious Multipurpose Dredger Untuk Wilayah Sungai Porong Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Amphibious Multipurpose Dredger merupakan kapal penggerukan Amphibi yang dapat beroperasi di dua alam, baik di darat maupun perairan dengan menggunakan Spud sebagai alat Mobilitasnya. Sehingga dalam pengerjaan tugas akhir ini lebih memfokuskan tentang pembebanan yang diterima spud dan juga konsep desain spud yang layak digunakan untuk spud Kapal Amphibious Multipurpose Dredger dimana menggunakan dua validasi yaitu perhitungan manual dan juga perhitungan Software Finete Elemen Method.Rumusan masalah pertama yaitu menentukan pembebanan yang dialami Spud, pembebanan pertama di dapat dari beban internal kapal sebesar 106 548,2346 N, dan beban lingkungan yang diperoleh dari tekanan arus sebesar 39,9349 N, tekanan angin sebesar 130,5474 N. Serta, rumusan masalah kedua yaitu perbandingan variasi dua konsep desain yang berbeda, hasil simulasi yang sudah dilakukan untuk konsep desain Spud hollow material ASME B36.10 Carbon Steel Sch 40 mengalami tegangan equivalent stress sebesar 19,349 N/dan mengalami defleksi sebesar 1,6370 dan pada konsep desain spud dengan pipe ASME B36.10 Carbon Steel Sch 40 tetapi menjadi solid atau pejal karena diisi semen (Concrete) jenis Portland mengalami tegangan equivalent stress sebesar 5,5567 N/ dan mengalami defleksi sebesar 1,5950 pada kontruksi spud-nya. Rumusan masalah ketiga, hasil nilai tersebut dapat kita tentukan bahwa kedua konsep desain spud memenuhi dan sesuai standart Factor of Safety, berdasarkan dan efisiensi material penulis memilih desain Spud hollow sebagai Spud yang akan digunakan untuk kapal Amphibious Multipurpose Dredger.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
American Wood Council. (2007). Beam Design Formulas With Shear and Moment. Washington: American Forest & Paper Association.
Aufa, D. M. (2018). Desain Amphibious Dredger Untuk Pengerukan Sungai Porong Sidoarjo Di Daerah Buangan Lumpur Lapindo. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan.
Febriyan , A. (2022). Analisa Kekuatan Spud Bracket Sebagai Sistem Mooring Kapal Barge Mounted Power Plant 60 MW. Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Gere, J. M., & Timoshenko, S. P. (1972). Mekanika Bahan Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Gupta, K. &. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia. LTD: Publishing House (PVT).
Indonesia, Biro Klasifikasi. (2021). Volume II Rules for Hull. 1 ed. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia.
Kusumo, D. (2019). Luas Penampang, Momen Inersia dan , Momen tahanan . Slideplayer.
Maratua, N. H. (2020). PERANCANGAN SPUD PADA DREDGER BARGE 25 METER. BATAM: Jurnal Teknologi dan Riset Terapan 2(2):70–79.
Prasetyo, A. C. (2022.). Analisis Safety Factor pada Frame Mobile SPBKLU Berbasis PLTS sebagai Sumber SPBKLU. JAWA TIMUR: Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin.
Rosyadi, F. A. (2021). ANALISA KEKUATAN DECK KAPAL PEMBANGKIT LISTRIK KAPASITAS 60 MW. SURABAYA: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.