Efektivitas Pelaksanaan OJT (On The Job Training) terhadap Kompetensi Mahasiswa dalam Mendukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

Main Article Content

Nurvita Arumsari
George E. Kusuma
Anda I. Juniani
Aminatus Sa’diyah

Abstract

Dalam mewujudkan Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Vokasi, peningkatan kualitas dan kompetensi lulusan didasarkan pada kebutuhan industri dikenal dengan konsep pembelajaran berbasis produksi (teaching factory). Konsep pembelajaran Teaching Factory tersebut dilaksanakan dengan model Dual System yaitu model pembelajaran dalam bentuk praktik kerja lapangan atau On The Job Training (OJT) selama 1 semester. Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) bekerja sama dengan stakeholder yaitu IAB (Industrial Advisory Board) yang merupakan domain komunitas industri yang memiliki kepedulian terhadap potensi dan peran serta PPNS dalam pendidikan anak bangsa. Dalam pelaksanaan OJT, komunitas ini berperan sebagai penempatan lokasi OJT hingga terlibat dalam proses pembimbingan mahasiswa sebagai pembimbing lapangan. Kompetensi yang dinilai meliputi sikap, pengetahuan, kemampuan umum dan khusus yang mengarah pada bidang keahlian. Diharapakan dengan pengalaman mahasiswa OJT di industri selama satu semester, secara signifikan akan mampu meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini dilakukan kajian tentang efektivitas pelaksanaan OJT terhadap kompetensi mahasiswa PPNS. Metode analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif dan uji t berpasangan berdasarkan hasil in depth interview. Responden adalah mahasiswa Jurusan Teknik Permesinan Kapal Angkatan 2015 dengan jumlah 244 orang. Setelah dilakukan pengujian validitas item pertanyaan diketahui bahwa indikator kompetensi yang valid yaitu integritas, kemandirian dan menyukai tantangan, bahasa inggris, komunikasi dan negosiasi, serta kalkulasi dan analisis. Alat ukur juga dinyatakan reliable dengan nilai Cronbach’s Alpha lebih dari 0.6. Hasil analisis statistik deskriptif dan uji t berpasangan menunjukkan bahwa pelaksanaan OJT efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa.

Article Details

Section
Seminar MASTER 2019