Kajian Desain Kapal Perintis Dengan Kondisi Wilayah Operasi Perairan Dangkal
Main Article Content
Abstract
Pembangunan sub sektor transportasi laut ditujukan antara lain untuk menjamin tersedianya jasa angkutan laut dalam kapasitas dan kualitas yang memadai guna mendukung pembangunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta sebagai perwujudan wawasan nusantara. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, terus dilakukan upaya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat salah satunya dengan layanan transportasi untuk angkutan barang di laut dengan rute yang tetap dan terjadwal sehingga kebutuhan masyarakat berupa barang pokok dan barang penting dapat tersedia dan terpenuhi dengan maksimal. Secara bertahap dioperasikan untuk melayani pelabuhan – pelabuhan di wilayah terpencil hingga wilayah terluar di Nusantara, dimana akses transportasi untuk mobilitas penumpang dan barang antar wilayah masih sangat minim dan tingkat ketersediaan barang kebutuhan pokok serta barang diwilayah tersebut penting masih terbatas, sekaligus mendukung program Pemerintah Republik Indonesia sebagai perwujudan dari Nawacita dengan harapan terciptanya kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk memperoleh hasil tersebut maka seorang peneliti dalam tahap praperencanaan harus memperhatikan beberapa aspek, diantaranya adalah aspek teknis dan ekonomis. Maka untuk memprediksi ukuran utama kapal perintis dengan mempertimbangkan batasan-batasan tertentu yang diharapkan dapat sesuai dengan kondisi pada saat operasionalnya dalam perairan dangkal, kemudian membuat evaluasi dari berbagai alternative bentuk badan kapal dan memilih bentuk lambung mana yang tidak menimbulkan gelombang cukup besar dengan kapasitas optimal dan diperkirakan memiliki stabilitas cukup baik untuk kondisi pelayaran perairan dangkal.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).