Perancangan Kapal Wisata dengan Pertimbangan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Green Technology
Main Article Content
Abstract
Dengan menganalisis kebutuhan operasional seperti kapasitas penumpang, ruang kargo, jenis rute, dan kecepatan desain untuk menentukan ukuran utama kapal wisata katamaran dengan konsep teknologi hijau. Untuk mengetahui tren desain dan teknologi terbaru, dengan melakukan benchmarking dengan kapal sejenis. Dalam desain awal, panjang kapal keseluruhan (LOA), lebar (beam), draft, dan tinggi dihitung sesuai dengan persyaratan operasional dan stabilitas. Penggunaan perangkat lunak desain kapal untuk simulasi dan perhitungan membantu mengoptimalkan bentuk lambung dan kinerja hidrodinamik. Diperlukan untuk menguji model skala di kolam uji untuk memastikan bahwa model kapal stabil dan bekerja dengan baik, dan desain harus disesuaikan berdasarkan hasil uji coba. Penggunaan sistem propulsi yang ramah lingkungan, seperti motor listrik, panel surya, atau mesin hibrida, serta bahan konstruksi yang efisien energi, adalah bagian dari implementasi teknologi hijau. Pastikan desain kapal sesuai dengan peraturan keselamatan. Penggunaan bahan bakar alternatif pada kapal wisata yang lebih ramah lingkungan seperti energi terbarukan solar panel dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dan polusi udara.Perancangan kapal wisata dengan pertimbangan penggunaan bahan bakar alternatif harus mencakup pemilihan bahan bakar yang paling efisien dan ramah lingkungan, seperti energi listrik atau hidrogen, serta integrasi teknologi hijau seperti panel surya dan sistem pengelolaan limbah. Langkah-langkah ini memastikan kapal yang dirancang tidak hanya memiliki kinerja yang optimal dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, tetapi juga meminimalkan dampak lingkungan. Selain itu, perancangan harus mematuhi regulasi lingkungan yang berlaku dan mempertimbangkan aspek keselamatan dan biaya operasional. Dengan pendekatan holistik ini, kapal wisata katamaran dapat beroperasi secara berkelanjutan dan mendukung tujuan keberlanjutan dalam industri maritim.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).