A Studi Kelayakan Desain Workboat Untuk Menunjang Program PjBL (Project Base Learning) di TBK PPNS

Main Article Content

Budianto Budianto
http://orcid.org/0000-0002-4155-5008
Muhammad Risky Anggorojati

Abstract

Pada program PjBL (Project Base Learning) merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbud-dikti untuk merealisasikan pembuatan produk yang dikerjakan melalui proses pembelajaran.  Dalam hal ini Studi kelayakan sangat diperlukan untuk mengetahui kelayakan dari desain workboat yang ditinjau dalamm berbagai aspek. Studi kelayakan terhadap desain workboat difokuskan dalam tiga kondisi yaitu pada aspek kondisi kapasitas fasilitas kampus, aspek kuantitas sumber daya manusia yang tersedia dan aspek pendekatan desain workboat. Beberapa survei dan pendataan diperlukan untuk menunjang reviu dalam mengetahui kondisi kapasitas fasilitas laboratorium dan kuantitas sumber daya manusia. Dalam melakukan reviu terhadap kapasitas Laboratorium khususnya diperlukan spesikasi teknik setiap peralatan dan data-data kinerja peralatan yang ada di Laboratorium. Data-data tersebut akan dikaji secara mendalam untuk mendapatkan hasil yang optimum dalam menunjang proses desain workboat. Sedangkan kebutuhan SDM yang ideal diperlukan dalam hal ini adalah jumlah dosen, tendik, dan mahasiswa yang efektif terlibat dalam kegiatan PjBL di Jurusan Teknik Bangunan Kapal dengan mengkaji efektifitas jam orang tersebut. Adapun proses pendekatan desain workboat dilakukan dengan metode reverse engineering terhadap kapal existing. Dalam penelitian ini kedepannya, dimana fokus dari desain workboat yang dihasilkan adalah maket dan beberapa gambar basic design antara lain gambar rencana garis, rencana umum, gambar konstruksi, gambar sistem dan kelistrikan serta perhitungan scantling calculation yang mengacu pada peraturan regulasi yang berlaku.


 

Article Details

Section
MASTER 2023
Author Biography

Budianto Budianto, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

Most read articles by the same author(s)