Perancangan Taxi Boat Sebagai Alternatif Angkutan Umum Dan Pariwisata Sungai Kalimas
Main Article Content
Abstract
Taxi Boat adalah kapal penumpang dengan kapasitas 4 awak dengan menggunakan single mesin tempel.Pembuatan kapal ini untuk memberi alternatif pemerintah Surabaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan di
jalur darat. Nantinya kapal ini, akan mempunyai rute yaitu di sungai Kalimas, besar harapannya kapal ini juga bisa di jadikan angkutan umum, tidak hanya di Kalimas namun juga di Sungai-sungai yang lain di Indonesia. Kelebihan
dari kapal ini adalah desainnya yang ramping menjadikan kapal efisien dan efektif. Dari simulasi pemodelan lambung kapal yang dibuat streamline agar dapat menghasilkan aliran yang langsung menuju ke daya pengerak
propeller sehingga dapat mengoptimalkan trust dari kapal. Selanjutnya dari simulasi dapat menghitung kecepatan Taxi Boat mencapai kecepatan 24 knot dalam pengaturan simulasi dipakai efisiensi sebesar 60 %. Pembutan kapal
ini juga bisa membantu dan mendukung pemerintah dalam penataan tata letak dan penambahan rute tranportasi di wilayah sungai. Dengan menambah item dan jalur tranportasi di jalur sungai besar harapan dapat membantu
pemerintah kota dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di jalur darat, sekaligus memperbaiki dan merevitalisasi Sungai Kalimas menjadi lebih baik kedepannya. Disamping itu, kapal ini juga dapat di gunakan sebagai sarana
penunjang pariwisata yaitu dengan menyungguhkan keindahan ruas-ruas jalur sungai dan pemandangan hijau kota surabaya yang dapat dinikmati dari atas kapal yang menyusuri sepanjang sungai, direncanakan seiring rute Jalan
Jakarta sampai Jalan Jembatan Merah sepanjang sungai Kalimas Surabaya.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).