Kajian Karakteristik Gerakan Kapal Catamaran Dalam Variasi Arah Propagasi Gelombang Dengan Pendekatan Linear Strip Theory Method

Main Article Content

Sumardiono Sumardiono
Ruddianto Ruddianto
Rachmad Tri Soelistijono

Abstract

Abstrak— Perubahan arah propagasi gelombang dan kecepatan laju kapal akan memberikan perbedaan magnifikasi pada intensitas respon gerakannya. Pada kondisi kapal sedang bergerak melaju di atas gelombang dengan kecepatan tertentu, nakhkoda akan dapat melakukan manuver untuk mengarahkan kapalnya ke sisi relatif terhadap gelombang. Manuver seperti ini diharapkan akan dapat mengurangi intensitas gerakan kapalnya. Maka untuk dapat menentukan langkah yang tepat dalam bermanuver, sangat diperlukan adanya informasi mengenai karakteristik gerakan kapal dalam beberapa kecepatan (yang ditunjukkan dengan angka froude) dan variasi propagasi gelombang (yang ditunjukkan dengan sudut datang gelombang). Kajian dilakukan melalui analisis numerik terhadap kapal lambung ganda (catamaran) dengan bantuan piranti lunak yang relevan dan menggunakan pendekatan linear strip theory method. Sudut datang gelombang bervariasi antara 0 derajat sampai 180 derajat dengan interval kenaikan sebesar 15 derajat. Dari kurva Response Amplitude Operator (RAO) yang dihasilkan memberikan informasi bahwa gerakan pitch terbesar terjadi pada kondisi gelombang head sea sebesar 2,881 deg/deg. Sedang kondisi beam sea memberikan magnifikasi terbesar untuk gerakan heave dan roll berturut-turut sebesar 2,651 m/m dan 2,969 deg/deg. Penurunan respon gerakan sebesar 52,39%, 47,36% dan 3,29% dapat dicapai apabila kapal melakukan manuver dengan pengurangan sudut sebesar 15 derajat relatif terhadap arah datang gelombang untuk gerakan heave, roll dan pitch.
Keywords— katamaran; linear strip theory method; respon gerakan; propagasi gelombang; RAO

Article Details

Section
Seminar MASTER 2019

Most read articles by the same author(s)