Analisa Performansi dan Opasitas Mesin Diesel Bi-Fuel System Solar-LPG Untuk Mesin Diesel Silinder Tunggal
Main Article Content
Abstract
Kajian teknis sistem penggunaan dua jenis bahan bakar yaitu Solar + Liquied Petroleum Gas (LPG) dan efeknya terhadap emisi dan opasitas gas buang pada mesin diesel single silinder sangat penting untuk mengetahui besarnya keuntungan secara teknis pengoperasiannya dilakukan pada penelitian ini. Obyek penelitian difokuskan pada mesin diesel single silinder berdaya 8 PK yang umum digunakan sebagai mesin penggerak kapal kecil nelayan. Penelitian dengan dilakukan dengan melakukan perbaikan modifikasi pada sistem bahan bakar dengan menginjeksikan massa LPG pada air manifold untuk memberikan nilai LHV campuran bahan bakar Solar-LPG lebih tinggi pada ruang bakar. Variasi bukaan plunyer tetap pada 0.25, 0.5, 0.75 dan 1 dengan pembebanan torsi tetap 2 kg.m dengan metode pengereman ponybrake digunakan untuk mendapatkan nilai performansi dari mesin meliputi RPM, torsi, konsumsi bahan bakar dan AFR untuk mendapatkan nilai Brake Specific Fuel Consumption (BSFC). Hasil analisa data dari pengoperasian mesin Bi-fuel system didapatkan penurunan nilai BSFC rata-rata pada semua variasi bukaan plunyer sebesar 24.5% dan penurunan emisi dan opasitas pada gas buang. Pengujian opasitas penggunaan sistem bi-fuel solar-LPG untuk mengetahui efek emisi gas buang pada hasil pembakaran memberikan penurunan nilai opasitas gas buang sebesar rata-rata pada semua mode pengoperasian sebesar 68%.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).