Rancang Bangun Portable Mini Boat untuk Kapal Wisata
Main Article Content
Abstract
Tingginya pertumbuhan produksi
varian kapal wisata berpenggerak elektrik
meningkatkaan animo para desainer kapal
mengembangkan kapal-kapal wisata yang
unik dan bisa dibawa kemana-mana karena
sifatnya portable. Kapal miniboat adalah
salah satu kapal wisata yang mempunyai
bentuk yang kecil dan ringan dari bahan
fiber sehingga bisa dibawa kemanapun para
pemakainya dengan menggunakan mobil
pribadi. Dengan dimensi yang kecil dan khas
efisiensi dari kapal tetap membutuhkan
analisa efisiensi lambung atau body kapal
dan efisiensi penggerak dari kapal tersebut.
Efisiensi body kapal ini bisa dilihat dari nilai
tahanan yang menghambat pergerakan kapal
dan nilai tahanan sangat ditentukan oleh
bentuk lampung dari kapal, semakin stream
line bentuk kapal maka aliran yang
dihasilkan di badan kapal akan semakin
laminer dan tahanan kapal semakin kecil.
Sedangkan efisiensi penggerak ditentukan
dengan daya motor, dikarenakan semakin
kecil daya motor penggerak maka kebutuhan
energi untuk menggerakan kapal akan
semakin kecil. Selain efisiensi teknis
pemilihan
keunggulan diantaranya membutuhkan daya yang lebih
kecil jika dibandingkan dengan perahu kayu, yang
mana akan berbanding lurus dengan pemilihan mesin
penggerak yang lebih murah. Desain yang ergonomis
dan menarik yang low cost ini akan tetap
mengutamakan faktor keselamatan fokusnya pada
stabilitasnya. Bahan fiber cenderung memiliki sifat
yang mudah dibentuk sehingga desain kapal memiliki
nilai stabilitas yang paling optimal. Desain yang lebih
sreamline dan proses produksi menggunakan media
cetakan maka kapal portable miniboat yang dibuat
akan lebih bisa dikomersilkan dengan harga yang
bersaing dengan produk import dan dengan kualitas
yang baik untuk memberikan peluang usaha dan
penelitian pembuatan kapal mini boat.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).