Memberdayakan Insinyur Masa Depan Surabaya: Meningkatkan Keterampilan Teknis Siswa SMK Taruna melalui Pelatihan Software Proteus
Main Article Content
Abstract
Indonesia membutuhkan insinyur terampil untuk mendukung pertumbuhan industri 4.0. SMK Taruna Surabaya, sebagai salah satu sekolah kejuruan terkemuka di Surabaya, berpotensi menghasilkan insinyur masa depan yang kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program pelatihan software Proteus dalam meningkatkan keterampilan teknis siswa SMK Taruna Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan software Proteus terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan teknis siswa SMK Taruna Surabaya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa program pelatihan software Proteus dapat menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan di Indonesia dan memberdayakan insinyur masa depan Surabaya
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).