Tech-Skill Revolution: Dampak Pelatihan Sensor dan Aktuator di SMK Siang Surabaya
Main Article Content
Abstract
Revolusi Keterampilan Teknis (Tech-Skill Revolution) mengubah dunia kerja, dan pendidikan kejuruan harus beradaptasi untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan masa depan. Penelitian ini mengkaji dampak pelatihan sensor dan aktuator di SMK Siang Surabaya, sebuah sekolah kejuruan di Indonesia. Studi menemukan bahwa pelatihan tersebut berdampak positif pada keterampilan teknis, pengetahuan, dan daya saing kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tersebut meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam mengoperasikan dan memelihara sistem sensor dan aktuator, serta meningkatkan pengetahuan mereka tentang prinsip-prinsip otomatisasi dan robotika. Pelatihan ini juga meningkatkan daya saing kerja siswa dengan membuat mereka merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan bersaing dengan pelamar lain
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).