Pembuatan Software Teknik Kontrol di Kapal dengan Metode Kontrol Konvensional dan Modern Menggunakan Matlab
Main Article Content
Abstract
Teknik Kontrol semakin berkembang pesat baik kontrol konvensional maupun modern. Dengan berkembangannya era kompetisi sekarang ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki keahlian dan pengetahuan sehingga dapat mengembangkan iptek di bidang pengendalian. Pemahaman mahasiswa dalam bidang kontrol masih sangat kurang sehingga perlu dikembangkan metode pengajaran dengan pembuatan software Program MATLAB untuk mensimulasikan berbagai metode kontrol baik konvensional maupun modern. Pembuatan program simulasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami berbagai metode kontrol konvensional maupun modern danpengembangan Iptek di bidang kelistrikan kapal. Penelitian ini telah menghasilkan software/program ini di mulai dengan Penjelasan berbagai metode kontrol, Pembuatan Contoh Soal dan Penyelesaiannya untuk berbagai metode sekaligus analisa perbandingan performance terbaik yang dihasilkan.
Kata Kunci—Perancangan Software; Simulasi Teknik Kontrol; Konvensional dan Modern
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).