Pengembangan Perangkat Fish Aggregating Device (FAD) dengan Monitoring Data Deteksi Ikan Jarak Jauh Menggunakan Komunikasi LoRa

Main Article Content

Lilik Subiyanto
Dwi Sasmita Aji Pambudi
Aang Wahidin
I Putu Arta Wibawa
Rini Indarti
Yoradhika Anugrah
Geraldi Zati

Abstract

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya yang diberi nama e-FADL (Electric Fish Aggregating Devices and Liferaft), adalah rumpon sebagai alat bantu nelayan menangkap ikan juga berfungsi sebagai rakit penolong (life raft)  bagi awak kapal jika terjadi musibah. Sumber penerangan dibangkitkan oleh energi surya yang tersimpan di baterai untuk menarik ikan. FAD dapat dikendalikan jarak jauh dari kapal menuju ke lokasi yang diharapkan banyak terdapat ikan. Sistem yang telah dibuat tidak memiliki umpan balik dari FAD ke kapal, sehingga posisi dan jarak dari FAD tdak dapat dipantau dari kapal.


Untuk memastikan keberadaan ikan pada lokasi yang dituju, maka pada penelitian ini dibuatlah pengembangan dari perangkat FAD dari penelitian sebelumnya dengan menambahkan peralatan monitoring jarak dan arah FAD dengan menggunakan komunikasi LoRa (Long Range). Selain itu juga ditambahkan data deteksi ikan sehingga nelayan yang ada di kapal dapat memperoleh informasi ada atau tidaknya ikan pada lokasi FAD.


Komunikasi LoRa (Long Range) menggunakan type EBYTE E22-900T30D yang bekerja pada frekuensi 920MHz dengan daya 30dBm dan GPS Ublox NEO-7M yang dipasang di kedua perangkat FAD dan kapal. Dengan menggunakan rumus Haversine untuk menghitung jarak 2 titik dari hasil pembacaan GPS (latitude, longitude) diperoleh simpangan sebesar 3,8 m pada pengukuran setiap 100m. Sudut pengarah FAD terhadap kapal memiliki faktor kesalahan sebesar 3,2 derajat. Pengiriman data dari FAD ke kapal dengan menggunakan komunikasi LoRa, mampu mengirimkan data dengan baik sampai dengan jarak 800 m dengan indicator kualitas sinyal (RSSI) sebesar -104 dBm pada kondisi tanpa halangan (LoS)

Article Details

Section
MASTER 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>