ANALISA KERUGIAN KINERJA TERKAIT SUDUT POROS PADA KAPAL NELAYAN DENGAN METODE FREE RUNNING MODEL TEST

Main Article Content

Aang wahidin
Rachmad tri soelistijono
fitri hardiyanti
lilik subiyanto
Gaguk suhardjito
subagio so'im

Abstract

Beberapa kapal nelayan tradisional di Sendang Biru, Kabupaten Malang jenis sekoci
menggunakan sistem penggerak dalam (inboard engine) dengan posisi poros propeller
terpasang membentuk sudut (angle) terhadap garis dasar (base line) kapal. Berdasarkan teori dapat menurukankan kinerja sistem penggerak kapal sampai dengan (2-3)%. Pada penelitian ini kami melakukan analisa seberapa besar penurunan/kehilangan kinerja pada kapal nelayan jenis sekoci yang pemasangannya tersebut diatas. Metode yang kami gunakan adalah Free Running Model Test dengan membuat model kapal nelayan tradisional jenis sekoci dengan ukuran model Loa =100 cm, Lwl = 80,72 cm, B = 19,7 cm, H = 10,68 cm dan T = 5,08 cm yang terbuat dari bahan aluminium sheet. Free Running Model Test menggunakan 1 buah motor dan propeller yang memiliki daya dorong sebesar 60 watt, peralatan kontrol jarak jauh menggunakan komponen utama transceiver NRF24L01 yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dengan jarak jangkau 240 meter sampai 1 kilometer dengan kondisi tanpa halangan dan alat camera drone untuk merekam lintasan. Hasil penelitian ini di ketahui terjadi penurunan/kehehilangan kinerja pada sudut 3 deraat sebesar r 0,24%, pada sudut 5 deraat sebesar 0,49%, pada sudut 10 deraat sebesar 2,52%, pada sudut15 deraat sebesar 4,41% dan pada sudut 20% deraat sebesar 6,48%

Article Details

Section
MASTER 2022

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>