Dampak Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Otomatisasi Alat Pertanian terhadap Keterampilan Teknis di SMK Nasional Dawarblandong
Main Article Content
Abstract
SMK Nasional Dawarblandong merupakan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang fokus pada bidang pertanian. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja, SMK Nasional Dawarblandong menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PBL) dengan fokus pada otomatisasi alat pertanian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak PBL dengan otomatisasi alat pertanian terhadap keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang mengikuti PBL dengan otomatisasi alat pertanian. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan teknis sebelum dan setelah pelaksanaan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan teknis siswa sebelum dan setelah pelaksanaan PBL dengan otomatisasi alat pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa PBL dengan otomatisasi alat pertanian memiliki dampak positif terhadap keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. PBL dengan otomatisasi alat pertanian merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. Implementasi PBL dengan otomatisasi alat pertanian perlu ditingkatkan dan diperluas ke jurusan lain di SMK Nasional Dawarblandong
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).