PERANCANGAN MULTI-MOLD UNTUK KAPAL NELAYAN WILAYAH PESISIR SELATAN JAWA

Main Article Content

Budi anto
l Putu Arta Wibawa
Ruddi anto
Priyambodo Nur Ardi Nugroho
Farhan Rakhmat Maulana Sudarmansah

Abstract

Pada umumnya molding atau cetakan kapal FRP hanya dapat menghasilkan 1 (satu) bentuk lambung kapal. Hal ini tentunya, bertolak-belakang dengan produksi kapal yang sebagian besar merupakan tipe customize (berdasar permintaan konsumen) dan sangat jarang berupa mass produk untuk menghasilkan kapal yang sistership. Biaya yang mahal dalam alokasi pembuatan molding tentunya menjadikan pertimbangan secara ekonomis mengenai biaya pembuatan kapal tersebut. Dengan tujuan harga kapal ikan yang bersahabat tentunya dapat menjadikan andalan dan meringankan beban atas jawaban kebutuhan kapal Ikan yang tinggi di masyarakat Pesisir atau Pantai Selatan Jawa. Multi-mold merupakan solusi cetakan kapal untuk material kapal FRP yang dapat menghasilkan lebih dari satu bentuk lambung kapal. Hal ini tentunya, akan menekan biaya produksi kapal atau perahu. Rencana Anggaran biaya ditentukan secara detail melalui survei harga material dan melakukan kajian penetuan harga dengan pendekatan engineering estimate. Pada sistem atau komponen penyusun multimold terdapat struktur utama shell, reinforcement frame (gading penguat) dan suppot atau dudukan mold. Bentuk multi-mold dirancang dengan seksama yang dapat dibongkar pasang (knockdown) setiap komponen penyusunnya. Proses bongkar pasang multi-mold dilengkapi petunjuk operasional dan simulasi 3D Perakitan multi-mold tersebut. Kekuatan struktur komponen multi-mold juga dilakukan anilisis kekuatannya sehingga didapatkan perancangan multi-mold yang efektif dan efisien.


 

Article Details

Section
MASTER 2022