Analisa Kekuatan Deck Crane pada Kapal Tol Laut Nusantara
Main Article Content
Abstract
Pembangunan armada kapal untuk mendukung program Tol Laut memerlukan kesiapan teknologi rekayasa agar
manfaat ekonomi segera bisa didapatkan sejak mulai pembangunannya. Salah satu komponen penting yang
terdapat pada kapal adalah deck crane. Pada makalah ini kami memperkenalkan rancangan konstruksi deck crane
yang akan dipasang pada kapal-kapal pemerintah yang saat ini sedang dibangun untuk mendukung program Tol
Laut. Kekuatan konstruksi crane dianalisa untuk menjamin bahwa crane tersebut memiliki safety factor yang
sesuai dengan peraturan class. Kekuatan struktur bagian jib crane tersebut dianalisa menggunakan metoda
elemen hingga (FEM) sedangkan untuk konstruksi bagian pedestal crane tersebut dianalisa menggunakan
perhitungan metoda tegangan maksimum. Massa minimum yang dicapai untuk pembuatan konstruksi jib deck
dengan span 14 m dan SWL 30 ton crane adalah 8275. Hasil perhitungan menunjukkan tegangan dan defleksi
maksimum pada struktur jib deck crane adalah 160,55 MPa dan 16,67 mm. Kondisi tersebut memenuhi
persyaratan class.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).