Analisa Kekuatan Deck Crane pada Kapal Tol Laut Nusantara

Main Article Content

I Putu Sindhu Asmara
Budi anto

Abstract

Pembangunan armada kapal untuk mendukung program Tol Laut memerlukan kesiapan teknologi rekayasa agar
manfaat ekonomi segera bisa didapatkan sejak mulai pembangunannya. Salah satu komponen penting yang
terdapat pada kapal adalah deck crane. Pada makalah ini kami memperkenalkan rancangan konstruksi deck crane
yang akan dipasang pada kapal-kapal pemerintah yang saat ini sedang dibangun untuk mendukung program Tol
Laut. Kekuatan konstruksi crane dianalisa untuk menjamin bahwa crane tersebut memiliki safety factor yang
sesuai dengan peraturan class. Kekuatan struktur bagian jib crane tersebut dianalisa menggunakan metoda
elemen hingga (FEM) sedangkan untuk konstruksi bagian pedestal crane tersebut dianalisa menggunakan
perhitungan metoda tegangan maksimum. Massa minimum yang dicapai untuk pembuatan konstruksi jib deck
dengan span 14 m dan SWL 30 ton crane adalah 8275. Hasil perhitungan menunjukkan tegangan dan defleksi
maksimum pada struktur jib deck crane adalah 160,55 MPa dan 16,67 mm. Kondisi tersebut memenuhi
persyaratan class.

Article Details

Section
Maritime energy

Most read articles by the same author(s)