Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Maritim
Main Article Content
Abstract
Meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris mahasiswa politeknik adalah suatu tantangan dalam era MEA dan revitalisasi. Permasalahan yang ditemukan pada mahasiswa di Politeknik Perkapalan Negeri (PPNS) adalah kurangnya motivasi dan terbatasnya waktu untuk belajar di luar kelas karena jadwal perkuliahan yang padat. Bertolak dari masalah dan fenomena tersebut, peneliti mengembangkan aplikasi berbasis Android yang digunakan untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris maritim di PPNS. Materi Bahasa Inggris Maritim dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan kamus dan gambar-gambar yang menarik serta menunya disesuaikan dengan setiap Program Studi yang ada di PPNS. Software yang digunakan adalah ReactNative dan metode pengembangannya menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC). Dengan aplikasi ini mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris baik di kelas maupun diluar kelas seperti halnya ketertarikan mereka terhadap permainan online. Hal ini juga berpengaruh pada peningkatan keterampilan Bahasa Inggris mereka. Mereka dapat belajar Bahasa Inggris dengan sangat mudah kapanpun dan dimanapun.
Kata kunci—Bahasa Inggris Maritim; Aplikasi Android;Keterampilan Bahasa Inggris Introduction
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).