Persepsi Mahasiswa Baru Design and Construction Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya terhadap Penggunaan Software AutoCAD pada Mata Kuliah Gambar Teknik Tahun Ajaran 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pada mahasiswa baru Teknik Perancangan Dan Konstruksi Kapal di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya terhadap penggunaan perangkat lunak AutoCAD dalam mata kuliah Gambar Teknik selama tahun ajaran 2023/2024. Melalui survei dan analisis data, studi ini berusaha untuk memahami bagaimana mahasiswa baru memandang penggunaan AutoCAD dalam proses pembelajaran, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pandangan mereka terhadap penggunaan perangkat lunak tersebut. Karena ada beberapa dosen yang menggunakan gambar manual pada mata kuliah gambar teknik. Tidak hanya itu pembelajaran gambar teknik yang dilaksanakan dengan manual membuat pembelajaran gambar teknik membuang banyak waktu dan biaya, Karena di era digitalisasi sekarang ini penerapan AutoCAD pada pembelajaran menjadi lebih efisien dan akurasi lebih meningkat. Penelitian ini dilandaskan dari pengalaman mahasiswa baru dalam mata kuliah gambar Teknik dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Dalam upaya untuk mengatasi ini, penelitian ini menyelidiki efektivitas penggunaan AutoCAD sebagai alternatif modern dalam pembelajaran desain teknik. Hasil dicatat dari penerapan dan kesulitan AutoCAD dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep teknis, efisiensi dalam pembuatan gambar, dan pengembangan keterampilan desain mereka. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa baru sedikit kesulitan dalam menggunakan software AutoCAD dalam mata kuliah gambar teknik khususnya mahasiswa dari SMA yang di sekolah dulu belum diajari AutoCAD.Tidak hanya itu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi lembaga pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Gambar Teknik.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).