Analisa Penerapan Metode Pembelajaran Education 3.0 pada Mata Kuliah English as Foreign Language (EFL) di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengubah pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok yang bertujuan menambah pengetahuan agar menjadi luas dan menjadi dewasa melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian. Gen Z adalah anak yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010.
Berdasarkan metode Education 3.0, maka media sosial akan digunakan sebagai media pembelajaran, dan dianalisa keefektifannya saat diterapkan dalam pelajaran English as Foreign Language (EFL). Data diperoleh dari survei yang dilakukan pada 90 responden peserta studi EFL. Sebuah studi percontohan juga dilakukan pada 30 responden untuk mengetahui keandalan instrumen dalam penelitian ini. Data kuantitatif dikumpulkan dan mengumpulkan sampel total bersama dengan persentase pengembalian. Penelitian menilai efektifitas berdasar tingkat kenyamanan / kemudahan penggunaan, manfaat dan dampak penggunaan WhatsApp terhadap peningkatan kemampuan ber-Bahasa Inggris dan kesimpulan akhir penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bagi peserta didik.Hasil menunjukkan tingkat respon tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 3,6.Temuandari penelitian ada dua, pertama adalah, WhatsApp dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam metode Education 3.0 dan kedua, siswa merasakan adanya manfaat dan peningkatan kemampuan
ber-Bahasa Inggris dalam penerapan WhatsApp sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci–education 3.0; media pembelajaran; media sosial; WhatsApp; pendidikan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).