Analisa Performansi dan Opasitas Mesin Diesel Bi-Fuel System Solar-LPG Untuk Mesin Diesel Silinder Tunggal

Main Article Content

George Endri Kusuma
Mardi Santoso

Abstract

Kajian teknis sistem penggunaan dua jenis bahan bakar yaitu Solar + Liquied Petroleum Gas (LPG) dan efeknya terhadap emisi dan opasitas gas buang pada mesin diesel single silinder sangat penting untuk mengetahui besarnya keuntungan secara teknis pengoperasiannya dilakukan pada penelitian ini. Obyek penelitian difokuskan pada mesin diesel single silinder berdaya 8 PK yang umum digunakan sebagai mesin penggerak kapal kecil nelayan. Penelitian dengan dilakukan dengan melakukan perbaikan modifikasi pada sistem bahan bakar dengan menginjeksikan massa LPG pada air manifold untuk memberikan nilai LHV campuran bahan bakar Solar-LPG lebih tinggi pada ruang bakar. Variasi bukaan plunyer tetap pada 0.25, 0.5, 0.75 dan 1 dengan pembebanan torsi tetap 2 kg.m dengan metode pengereman ponybrake digunakan untuk mendapatkan nilai performansi dari mesin meliputi RPM, torsi, konsumsi bahan bakar dan AFR untuk mendapatkan nilai Brake Specific Fuel Consumption (BSFC). Hasil analisa data dari pengoperasian mesin Bi-fuel system didapatkan penurunan nilai BSFC rata-rata pada semua variasi bukaan plunyer sebesar 24.5% dan penurunan emisi dan opasitas pada gas buang. Pengujian opasitas penggunaan sistem bi-fuel solar-LPG untuk mengetahui efek emisi gas buang pada hasil pembakaran memberikan penurunan nilai opasitas gas buang sebesar rata-rata pada semua mode pengoperasian sebesar 68%.

Article Details

Section
Maritime safety and environmental