Optimasi Automatic Tight Lock Coupler Guna Mendapatkan Hasil yang Lebih Ringan

Main Article Content

Dhika Aditya Purnomo
Mochammad Alifan Prasetiana
Fipka Bisono

Abstract

Perubahan dalam industri manufaktur semakin memberikan model-model terbaru dari sistem otomatis. mulai dari perkembangan industri 1.0 hingga 4.0. Berdasarkan PM 16 tahun 2022 tentang standar rancang bangun dan perekayasaan sarana perkeretaapian, peremajaan gerbong harus meliputi konstruksi rangka dasar, bodi, bogie, kabin, dan peralatan penghilang rintangan. PT INKA telah memproduksi gerbong kereta eksekutif Stainless Steel generasi pertama pada tahun 2019 namun masih banyak kelebihan beban pada setiap komponen seperti sistem bogie K1, skrup dan konstruksi gerbong, hal ini berdampak pada penurunan performa kereta. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah konsep desain agar dapat memberikan inovasi terbaru untuk mendukung dunia perkeretaapian yang lebih baik. Penelitian ini menghasilkan dua konsep desain dengan menggunakan jenis material yang sama. kemudian konsep desain tersebut harus diuji terlebih dahulu sebelum dioperasikan pada kereta api. Pengujian ini menghasilkan penilaian yang meliputi kriteria berat, kekuatan optimal dan proses manufaktur. Kriteria penilaian tersebut sangat menunjang keberhasilan dalam proses perancangan konsep desain. Setelah dilakukan pengujian kedua konsep desain sangat memuaskan terutama uji kekuatan optimal, pada pengujian ini konsep desain akan diberikan beban sebesar 150 ton dengan pengujian gaya tarik dan gaya tekan. karena kriteria kekuatan optimal memiliki bobot poin keunggulan yang lebih besar dibandingkan dengan kriteria berat dan proses pembuatan.

Article Details

Section
MASTER 2024