Pemberdayaan Remaja Masjid PC LDII Melalui Pembelajaran Perbaikan dan Perawatan AC di Kecamatan Gunung Anyar
Main Article Content
Abstract
Keterampilan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan AC Split sangat dibutuhkan di dunia industri. Tantangan di masa depan mewajibkan seluruh lini masyarakat baik level SMA maupun Remaja untuk terus mengasah soft skill demi menjawab isu revolusi industri 4.0 tersebut. Gagasan tentang kegiatan pelatihan softskills terkait perawatan dan perbaikan AC Split terhadap remaja masjid PC LDII Kec Gunung Anyar Surabaya pun terbentuk. Dengan segenap dukungan berbagai civitas akademika PPNS baik dari Dosen, tendik, maupun mahasiswa bersama berkolaborasi untuk turut berkontribusi di dalam kegiatan tersebut. Adapun tujuannya tidak lain untuk memberi bekal pengetahuan serta keterampilan bagi remaja agar siap menghadapi tantangan dunia kerja di masa yang akan datang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan terhadap Remaja masjid PC LDII Kec Gunung Anyar Surabaya. Pelatihan dilakukan secara luring. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para remaja memiliki keterampilan dasar dalam bidang perawatan dan perbaikan AC Split adalah remaja mampu melakukan perawatan berkala terhadap komponen-komponen AC baik dari sisi mekanik dan electric, dan juga mampu melakukan pemeliharaan sesuai jadwal dengan mempertimbangkan slogan plan, do, check, action.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).