Performansi Mesin Diesel Silinder Tunggal dengan Injeksi Cogenerasi Superheated Steam

Main Article Content

G.E Kusuma .
Emie Santoso
Mardi Santoso
Pranowo Sidi

Abstract

Krisis energi dapat diperlambat terjadinya
dengan penemuan bahan bakar baru atau dengan meningkatkan
efisien energi pada engine konvensional yang sekarang digunakan.
Mesin diesel adalah salah satu mesin konvensional yang menjadi
pilihan utama untuk alat transportasi laut maupun darat. Engine
dengan kelebihan dimensi yang compact dan daya yang dihasilkan
besar menjadi opsi utama pada pemilihan engine penggerak.
Mesin diesel silinder tunggal menjadi pilihan utama bagi mesin
kapal nelayan dan mesin pertanian. Jumlah pengguna mesin
diesel silinder tunggal yang sangat besar akan memberikan
kontribusi yang cukup besar untuk konsumsi bahan bakar. Usaha
untuk meningkatkan efisiensi mesin dilakukan dengan
memanfaatkan energi yang sudah terbuang pada gas buang
dengan sistem cogenerasi menjadi salah satu alternatif terobosan
yang dilakukan. Cogenerasi akan mampu menurunkan
temperatur gas buang sehingga mencegah pemanasan udara
secara global akibat emisi gas. Injeksi uap air ke ruang bakar
dengan memanfaatkan panas gas buang bertemperatur rata-rata
624 oC sebagai sumber pemanas steam generator menjadi
alternatif karena mampu menaikan performansi mesin sekaligus
menaikan efisiensi konsumsi bahan bakar. Prototipe mesin diesel
silinder tunggal dengan injeksi steam superheated dengan
tamperatur 130 oC memanfaatkan cogenerasi gas buang telah
mampu bekerja dengan performansi baik pada injeksi uap
sebesar 1.5 - 4.5 liter/jam dan mampu menurunkan SFC (Specific
Fuel Consumption) engine rata-rata 8.92% dibanding mesin diesel
tanpa injeksi uap. Kenaikan performansi engine didominasi oleh
kenaikan nilai entalphi udara dalam ruang bakar sehingga
membantu proses pembakaran lebih cepat.

Article Details

Section
Science and applied technology

Most read articles by the same author(s)

<< < 4 5 6 7 8 9