KOMUNIKASI DATA BLUETOOTH UNTUK PERANGKAT INFORMASI PERSEBARAN IKAN (PORTABLE VIRTUAL ASSISTANT) PADA KAPAL NELAYAN TRADISIONAL

  • Trio Andika Putra
  • Afif Zuhri Arfianto
  • Mohammad Basuki Rahmat
  • Muhammad Khoirul Hasin
  • Dian Asa Utari
  • Muhamad Nasir
  • Dody Hidayat
Keywords: Data lokasi persebaran ikan, Jarak lokasi target, Sudut target, Modul Bluetooth Arduino

Abstract

Informasi mengenai data persebaran ikan merupakan informasi yang sangat berguna untuk nelayan dalam menemukan lokasi persebaran ikan. Informasi tersebut dikeluarkan oleh Balai Riset dan Observasi Laut dari kementrian Kelautan yang berupa data lokasi latitude dan longitude. Layanan ini berupa peta digital, peta tersebut kita kenal dengan Peta Perkiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI). Pada kenyataannya masih banyak nelayan yang kurang memanfaatkan informasi tersebut yang menyebabkan hasil tangkap ikan oleh nelayan kurang maksimal. Penelitian ini membuat prototipe perangkat portabel navigasi untuk menemukan lokasi sebaran ikan. Prototipe bekerja berdasarkan data informasi yang berupa data latitude dan longitude dari Balai Riset dan Observasi Laut. Dengan memasukan data persebaran ikan maka jarak lokasi dan arah lokasi target dapat diketahui. Data informasi dapat dimasukkan kedalam prototipe navigasi dengan menggunakan komunikasi bluetooth  yang kemudian data tersebut diolah oleh mikrokontroller. Sensor yang digunakan dalam perangkat adalah sensor GPS dan sensor kompas. Hasil penelitian didapatkan prototipe navigasi dapat menghitung jarak lokasi tujuan terhadap lokasi awal dengan tingkat keberhasilan sebesar 99.404106% dan pengukuran sudut target lokasi tujuan dengan tingkat keberhasilan sebesar 99.0271%.

Published
2018-11-13
How to Cite
[1]
Putra, T.A., Arfianto, A.Z., Basuki Rahmat, M., Hasin, M.K., Utari, D.A., Nasir, M. and Hidayat, D. 2018. KOMUNIKASI DATA BLUETOOTH UNTUK PERANGKAT INFORMASI PERSEBARAN IKAN (PORTABLE VIRTUAL ASSISTANT) PADA KAPAL NELAYAN TRADISIONAL. Jurnal Teknologi Maritim. 1, 2 (Nov. 2018), 45-52. DOI:https://doi.org/10.35991/jtm.v1i2.828.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>