Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Dosen (IPD) PPNS untuk Meningkatkan Kinerja Pengajaran

Main Article Content

Farizi Rachman
Denny Oktavina Radianto
Ika Erawati

Abstract

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Perguruan Tinggi pendidikan vokasi yang bergerak di bidang perkapalan dan teknologi. Politeknik memiliki dua konsep yang diimplementasikan dan mempengaruhi proses belajar mengajar di PPNS. Proses pertama Teaching Factory atau disebut juga Production Based Learning atau pembelajaran berbasis produksi. Untuk mendukung program pendidikan yang ada di PPNS, Kompetensi dosen sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Dosen harus mempunyai kualifikasi yang diperlukan bagi penyampaian ilmunya kepada mahasiswa. Proses pembelajaran merupakan wujud pelaksanaan dari kurikulum yang ada dalam sebuah program studi. Salah satu rangkaian pembelajaran adalah evaluasi terhadap proses pembelajaran itu sendiri. Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari masukan, proses dan keluaran, maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses dan keluaran pembelajaran. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi dosen dan membuat model regresi logistik. Sehingga akan mengahasilkan suatu analisis yang lebih menyeluruh untuk perbaikan sistem evaluasi kinerja dosen yang lebih efektif. Metode yang digunakan dalam penenelitian ini adalah regresi logistik ordinal. Penelitian ini menggunakan lima variabel prediktor yaitu masa kerja (X1), Keikutsertaaan Pekerti (X2), Keikutsertaaan AA (X3), Status Serdos (X4), Beban Mengajar (X5). Sedangkan Variabel Respon adalah Nilai IPD (Y). Berdasarkan hasil analisis pengaruh dengan regresi logistik Ordinal diperoleh kesimpulan, Lima variabel prediktor secara statistik tidak signifikan dalam mempengaruhi IPD, ditunjukkan dengan nilai P-Value lebih besar dari α (0,05).

Article Details

Section
MASTER 2019

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>