PENGELOLAAN PELABUHAN CARTAGENA SPANYOL SEBAGAI KERANGKA OPTIMALISASI PELABUHAN DI NEGERI SENDIRI

  • Hadi Prasutiyon
  • RO Saut Gurning
Keywords: Dampak ekonomi pelabuhan, efek langsung dan tidak langsung, Pelabuhan Cartagena Spanyol

Abstract

Dampak ekonomi dari pengembangan Pelabuhan Cartagena sangat pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan Product Domestic Regional Bruto(PDRB) sektor kelautan dengan Gross Value Added(GVA) dari nilai 1,1% menjadi 3,81% dan nilai 0,1% menjadi 2,11% untuk sektor tenaga kerja. Dengan metode Regional Input-Output Tables(R-IOT) dan metode  pendekatan Input-Output(I-O) didapat data dan angka – angka yang bisa memberikan beberapa terobosan pengembangan dari sektor forex pelabuhan maupun sektor pariwisata maritim, sehingga Pelabuhan Cartagena sebagai pemberi impact terbesar ke 5 dari 28 pelabuhan yang ada di Spanyol dan menempatkan Spanyol menduduki peringkat 2 dalam hal kedatangan turis dengan kapal pesiar di Eropa setelah Italia.
Indonesia juga mencontoh dengan strategi yang sama sektor-sektor yang mempengaruhi PDRB,tenaga kerja pada sektor kelautan,keringanan bidang pajak, kemudahan bidang tenaga kerja, jaminan keamanan bagi investor yang menanam modalnya disektor kelautan, dengan didukung oleh akses-akses transportasi yang mudah, cepat, dan simpul-simpul kemacetan ditiadakan. Seluruh akses yang menuju kepusat-pusat ekonomi kelautan diperbaiki, industri pendukung baik dari sektor swasta maupun Badan Usaha Milik Negara(BUMN) juga berbenah. Indonesia mulai memandang laut sebagai masa depan,tidak lagi membelakangi laut, seluruh aktifitas dan kebijakannya bersifat sustainable .Potensi kelautan yang demikianlah yang dapat menjamin masa depan generasi mendatang menjadi lebih baik.

Published
2018-11-13
How to Cite
[1]
Prasutiyon, H. and Gurning, R.S. 2018. PENGELOLAAN PELABUHAN CARTAGENA SPANYOL SEBAGAI KERANGKA OPTIMALISASI PELABUHAN DI NEGERI SENDIRI. Jurnal Teknologi Maritim. 1, 2 (Nov. 2018), 17-26. DOI:https://doi.org/10.35991/jtm.v1i2.827.