Penerapan Factor Analysis Untuk Mereduksi Variabel Sektor Perikanan Kabupaten/Kota di Jawa Timur

  • Farizi Rachman
Keywords: Perikanan, Analisis faktor, Varimax

Abstract

Penelitian ini akan membuat analisis faktor perikanan laut dan perairan umum di Jawa Timur.  Analisis ini merupakan kelanjutan dari pemetaan sektor perikanan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan menggunakan Fuzzy K-means. Analisis faktor adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi. Tujuan dari analisis faktor adalah untuk menggambarkan hubunganhubungan kovarian antara beberapa variabel yang mendasari tetapi tidak teramati, kuantitas random yang disebut faktor . Berdasarkan analisis faktor dengan menggunakan analisis factor maka didapatkan bahwa 70,150% persoalan perikanan laut yang terdiri dari Sembilan variabel bergantung pada dua
faktor utama dan saling independen. Sedangkan analisis faktor untuk perariran umum didapatkan bahwa 70,144% persoalan perairan umum yang terdiri dari Sembilan variabel bergantung pada dua factor utama dan saling independen. Proses analisis faktor ini melalui proses rotasi dengan varimax.

Published
2018-05-18
How to Cite
[1]
Rachman, F. 2018. Penerapan Factor Analysis Untuk Mereduksi Variabel Sektor Perikanan Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jurnal Teknologi Maritim. 1, 1 (May 2018), 31-36. DOI:https://doi.org/10.35991/jtm.v1i1.422.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>