ANALISIS STRATEGI PENAWARAN HARGA PADA PROYEK PERBAIKAN KAPAL (STUDI KASUS: LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) KEMENTERIAN PERHUBUNGAN)

Main Article Content

Fitri Hardiyanti
Aditya Maharani
Ali Subagyo

Abstract

Perkembangan industri galangan kapal di Indonesia menimbulkan persaingan bisnis yang kompetitif. Untuk
mendapatkan pekerjaan (proyek) di bidang jasa konstruksi dan perbaikan kapal yang merupakan pekerjaan
utama dalam industri perkapalan biasanya melalui proses yang disebut lelang (tender). Oleh karena itu, strategi
penentuan harga penawaran menjadi sangat penting dan strategis. Tujuan dari penelitian ini adalah
menghitung nilai mark up dengan pendekatan strategi penawaran dan mengetahui strategi harga penawaran
terbaik untuk memenangkan tender dengan nilai mark up yang optimal dan keuntungan yang maksimal.
Berdasarkan hasil simulasi, model Friedman dan Gates menghasilkan mark-up optimum antara -4% hingga
25% untuk distribusi multi diskrit. Sedangkan dengan menggunakan pendekatan statistik distribusi multi normal,
model Friedman menghasilkan mark-up optimum 4–15%, dan model Gates 5–16%. Untuk distribusi normal
tunggal, model Friedman menghasilkan mark-up optimum 6–25%, dan model Gates 25%. Strategi penawaran
harga terbaik untuk memenangkan tender adalah model yang menghasilkan mark-up optimum terendah, yaitu
model Friedman dengan distribusi multi normal.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>