Analisis Optimasi Waktu dan Biaya Crashing Project Dengan Metode Critical Path dan Time Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Galangan Kapal

  • Risya Tiara Prasetyawidandi
  • Renanda Nia Rachmadita
  • Dian Asa Utari
  • Lusia Eni Puspandari
Keywords: Critical Path Method, Network Planning, Primavera, Schedulling, Time Cost Trade Off

Abstract

Industri galangan kapal merupakan industri fabrikasi di sektor perkapalan yang melibatkan penggunaan material dan praktek manufaktur. Dalam pembangunan kapal, keterlambatan penyelesaian proyek pembangunan kapal berarti pihak galangan kapal harus membayar denda (penalty) keterlambatan sesuai dengan yang tertera pada perjanjian kontrak. Seperti dalam kasus proyek pembuatan Kapal Pengawas Perikanan Aluminium 17M oleh PT. Batam Expresindo Shipyard ini, pelaksanaannya mengalami keterlambatan sehingga galangan harus membayarkan denda sebesar 1 per mill dari nilai kontrak per harinya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan crashing project pada pekerjaan yang berada pada lintasan kritis. Penelitian ini menggunakan Critical Path Method (CPM) dan metode Time Cost Trade Off. Hasil analisis didapatkan bahwa waktu dan biaya optimal dengan alternatif penambahan tenaga kerja dan penambahan jam kerja sebesar 5 jam dari jam kerja normal dengan produktivitas 80%. Durasi crashing project yang dihasilkan adalah 30 hari lebih cepat dari durasi aktual, dari total durasi proyek 222 hari menjadi 192 hari dengan penambahan biaya crashing project sebesar Rrp. 76. 719.846
Published
2023-04-07
How to Cite
[1]
Prasetyawidandi, R.T., Rachmadita, R.N., Utari, D.A. and Puspandari, L.E. 2023. Analisis Optimasi Waktu dan Biaya Crashing Project Dengan Metode Critical Path dan Time Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Galangan Kapal. Jurnal Teknologi Maritim. 5, 2 (Apr. 2023). DOI:https://doi.org/10.33863/jtm.v5i2.1526.