Analisis Keselamatan Kerja Crane Barge Palong III pada Saat Operasi Pengangkatan GE LM2500 Engine di Lokasi TCP Platform CPU Field Total E&P Indonesié

  • Muhammad Fadhil
  • I Putu Sindhu Asmara
  • Rona Riantini

Abstract

Total E&P Indonesié Ltd. merupakan KKKS SKK Migas yang bertanggungjawab untuk mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas di area Delta Mahakam yang mana area tersebut mayoritasnya berupa rawa - rawa sehingga banyak pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan kapal, diantaranya kapal jenis barge yang diatasnya terdapat crane ( floating crane ). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui stabilitas floating cr ane pada saat melakukan operasi pengangkatan, menggunakan software MAXSURF, dan mengidentifikasi dan mengontrol bahaya, menggunakan Job Risk Analysis (JRA). Pengerjaan dilakukan dengan beberapa tahapan, antara lain pemodelan floating crane menggunakan MAXSURF dan menghitung stabilitasnya berdasarkan IMO IS Code dan MODU Code . Hasil perhitungan stabilitas floating crane menunjukkan crane siap digunakan untuk operasi pengangkatan GE LM2500 Engine di TCP Platform karena angka yang dihasilkan da ri perhitungan tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Diketahui beban maksimum yang dapat diangkat oleh floating crane pada kondisi 10% Consummables adalah 109,476 ton, pada kondisi 50% Consummables adalah 108,149 ton, dan pada kondisi 100% Consummables adalah 105,997 ton. Diketahui juga untuk operasi pengangkatan GE LM2500 di TCP Platform, terdapat 35 potensi bahaya Untolerable yang teridentifikasi yang tersebar di setiap task. Dari 35 potensi bahaya tersebut, terdapat 29 potensi bahaya yan g diturunkan levelnya menjadi Acceptable , dan 6 potensi bahaya yang turun menjadi Tolerable .
Published
2018-01-17