Analisis Penyebab Perbedaan Nilai Human Error Penyelam Graving Dock Menggunakan Metode SPAR-H dan HEART

Main Article Content

Elfa Nafilah Maulidiyah
Rona Riantini
Binti Mualifatul Rosydah

Abstract

Proses penyelaman menjadi salah satu proses yang memiliki nilai risk matriks extreme pada tahapan pengaturan ganjal kapal di HIRADC perusahaan galangan kapal di Surabaya. Tingginya nilai risk matriks tersebut dapat disebabkan karena pekerjaan yang terlalu berbahaya sehingga membutuhkan peralatan dan kemampuan penyelam yang memenuhi kualifikasi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi risiko yang akan terjadi. Untuk itu, pada makalah ini dipaparkan penelitian terkait penilaian human error penyelam graving dock menggunakan dua metode yakni SPAR-H dan HEART. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas dengan kemungkinan error tertinggi dan mengetahui penyebab perbedaan nilai human error penyelam graving dock yang telah dinilai menggunakan metode SPAR-H dan HEART. Tahapan pada proses penyelaman yang memiliki nilai human error tertinggi di kedua metode yakni proses penyelaman awal, proses penyesuaian ganjal kapal bagian starboard dan portside, dan proses penyelaman akhir dengan nilai 0.4879. Secara umum tahapan dalam metode HEART lebih detail dimana terdapat kategorisasai dan penilaian awal, jumlah EPC yang lebih banyak dan spesifik, penentuan prosentasi pengaruh setiap EPC, serta perhitungan EPC dan proporsinya. Sedangkan metode SPAR-H memberikan kesederhanaan tahapan dan terbukti memberikan hasil estimasi error yang tidak jauh berbeda dengan metode HEART.

Article Details

Section
Articles