Evaluasi Kesesuaian Life-Saving Appliances (LSA) dan Pembuatan Simulasi Sistem Evakuasi Pada Kapal Perintis 1200 GT Menggunakan Software Pathfinder

  • Widia Yuliati Puspaningrum
  • Rona Riantini
  • M. Khoirul Hasin

Abstract

Kapal Perintis 1200 GT merupakan jenis passenger ship yang mulai dibangun pada akhir tahun 2015 dan
masih berlangsung hingga sekarang. Kapasitas penumpang sebanyak 398 orang dan ABK 39 orang. Kapal
Perintis 1200 GT belum dilengkapi dengan perancangan sistem evakuasi keadaan darurat. Sehingga diperlukan
evaluasi kesesuaian ketersediaan Life Saving Appliances (LSA) terhadap peraturan yang berlaku dan
perancangan jalur sistem evakuasi yang optimal. Evaluasi kesesuaian LSA terdiri atas lifeboat, liferaft, lifebuoy,
lifejacket, dan distress flares berdasarkan regulasi SOLAS 2014 Chapter III. Peraturan tentang sistem evakuasi
menggunakan IMO MSC.1/Circ.1238 2007. Pembuatan simulasi sistem evakuasi menggunakan software
Pathfinder. Hasil evaluasi menyatakan adanya ketidaksesuaian beberapa item LSA. Perancangan sistem evakuasi
menghasilkan luas muster station 169,22 m2. Letak embarcation station yang dekat lifeboat pada deck 3 dan
dekat ILR pada deck 4. Hasil perhitungan total evacuation time (T) yaitu 58,45 menit (Case 1); 52,2 menit (Case
2); 51,48 menit (Case 3) dan 45,23 menit (Case 4). Perhitungan tersebut sudah memenuhi standar yang
ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Dalam perhitungan manual, waktu yang digunakan untuk penumpang berkumpul
di muster station (tI) pada primary case 541,54 detik dan simulasi 547,3 detik. Pada secondary case (tI) sebesar
569,86 detik dan simulasi 576,4 detik. Sehingga prosentase perbandingan rata-rata sebesar 1,09%.

Published
2018-01-17