TRAINING OF TRAINER (TOT) PENGGUNAAN MICROSOFT PROJECT DAN PEMBUATAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) KONSTRUKSI KAPAL BAGI GURU SMK NEGERI 3 BUDURAN, SIDOARJO

Main Article Content

Benedicta Dian Alfanda
Widya Emilia Primaningtyas
Kiki Dwi Wulandari
Mahasin Maulana Ahmad
Pranowo Sidi
Maulana Tanziilal Azizir Rohiim
Abdul Hamid Assidiqi
Purwa Bimantara

Abstract

Manajemen proyek menjadi kurikulum dasar bagi Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki jurusan atau bidang keahlian konstruksi. Dalam menyikapi suatu proyek diharuskan mampu memahami proses perencanaan, pengaturan dan pengendaliannya. Manajemen proyek sebagai sebuah aplikasi dari pengetahuan, keahlian dan alat pada aktivitas proyek tertentu untuk memenuhi persyaratan berlangsungnya sebuah proyek yaitu triple constraints atau project triangle, yang terdiri dari waktu, biaya dan kualitas. Microsoft project sebagai alat bantu penjadwalan pengerjaan proyek berdasar data dari RAB dan gambar kerja. Permasalahan yang dihadapi Sekolah mitra memiliki keterbatasan dalam rendahnya kemampuan guru yang dapat memahami dan menggunakan dan mengaplikasikan microsoft project dalam pembuatan RAB pada suatu proyek. Sehingga berdampak langsung bagi siswa dikarenakan ketidak mampuan minimnya pengetahuan guru akan penggunaan software tersebut dan pengaplikasiaanya dalam membuat RAB. Persoalan prioritas yang disepakati bersama dengan mitra untuk diselesaikan selama pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang manajemen proyek dengan penggunaan media Microsoft project di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut yakni Training of Trainer (ToT) penggunaan Microsoft project dan pembuatan RAB bagi guru di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Pada program pengabdian ToT Microsoft Project dan pembuatan RAB ini objek konstruksi yang digunakan adalah kapal tanker 3500 LTDW. Target dari pelatihan ini para guru di SMK Negeri 3 Buduran adalah peningkatan kemampuan dalam pemahaman ruang lingkup manajemen proyek dan aktivitas yang terjadi, membuat penjadwalan proyek dan pengalokasian sumberdaya, membuat baseline/target plan sebuah proyek, melakukan updating dan mempercepat sebuah proyek serta memahami pengelolaan proyek yang berguna untuk bekal siswa setelah lulus dan siap terjun di dunia industri.

Article Details

Section
Articles