PENINGKATKAN PRESTASI SISWA TINGKAT SD DI KELURAHAN WONOREJO SURABAYA MELALUI PELATIHAN ROBOT PERUNUT GARIS ANALOG

Main Article Content

Noorman Rinanto
Mochammad Yusuf Santoso
Lilik Subiyanto
Joko Endrasmono
Fitri Hardiyanti
Ahmad Erlan Afiuddin
Budi Prasojo
Mirna Apriani
Annas Singgih Setiyoko
Agus Khumaidi

Abstract

Robot Penjejak Garis (RPG) merupakan salah satu jenis robot yang dimanfaatkan secara luas. Sebagai salah satu media pembelajaran pada tingkat Sekolah Dasar (SD), robotika umumnya dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu SD yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler robotika adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 27 Surabaya. Sayangnya, prestasi siswa MI ini hanya sebatas membuat RPG analog, belum sampai menjuarai lomba robot. Fasilitas robotika pada sekolah ini masih minim, sehingga menyulitkan siswa untuk memahami materi tentang robotika. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan RPG analog. Pelatihan terdiri dari dua sesi, yaitu teori dan praktek. Peserta pelatihan adalah sebagian siswa tingkat SD madrasah tersebut dan beberap guru. Terdapat lima robot yang berhasil dirancang yang kemudian diuji-coba pada lintasan. Antusiasme siswa meningkat saat mereka mencoba merakit dan menjalankan robot.

Article Details

Section
Articles