Penerapan Discriminant Analysis Untuk Mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Unit Layanan PPNS

Authors

  • Farizi Rahman Jurusan Teknik Permesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Wiediartini Wiediartini Jurusan Teknik Permesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Devina Puspita Sari Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Abstract

Pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan institusi untuk melayani pengguna jasa dengan sebaikbaiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada penggu jasa dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pengguna. Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan institusi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna jasa. Secara sederhana, pelayanan prima (excellent service) dapat diartikan sebagai suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna jasa. Metode yang akan digunakan pada penelitian adalah Discriminant Analysis. Discriminant Analysis adalah suatu teknik analisa statistik untuk mengklasifikasikan obyek ke dalam suatu kelompok tertentu berdasarkan peubah bebasnya. Analisis diskriminan adalah
suatu metode yang dapat menghasilkan pemisahan yang terbaik antara berbagai macam populasi, pemisahan dilakukan dengan fungsi diskriminan yang merupakan kombinasi linear dari peubah-peubah bebasnya. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan variabel yang mempengaruhi kepuasan unit layanan
adalah prosedur layanan (x2) dengan nilai p-value (0,00) dan kemampuan petugas (x6) dengan nilai p-value (0,00), nilai pvalue dua variabel ini kurang dari alpha (0,05). Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Dengan demikian, dua variabel ini perlu ditingkatkan agar pelayanan semakin baik.


Keywords— pelayanan; diskriminan; kepuasan

Downloads

Published

2018-12-12

Most read articles by the same author(s)