Dampak Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Otomatisasi Alat Pertanian terhadap Keterampilan Teknis di SMK Nasional Dawarblandong

Authors

  • pranowo sidi ppns
  • imam sutrisno ppns
  • Jossianto Eko Poetra
  • Didik Dwi Suharso

DOI:

https://doi.org/10.35991/master%20ppns.v9i1.2918

Keywords:

Keterampilan teknis, Pembelajaran berbasis proyek, Otomatisasi alat pertanian, SMK Nasional Dawarblandong

Abstract

SMK Nasional Dawarblandong merupakan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang fokus pada bidang pertanian. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja, SMK Nasional Dawarblandong menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PBL) dengan fokus pada otomatisasi alat pertanian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak PBL dengan otomatisasi alat pertanian terhadap keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang mengikuti PBL dengan otomatisasi alat pertanian. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan teknis sebelum dan setelah pelaksanaan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan teknis siswa sebelum dan setelah pelaksanaan PBL dengan otomatisasi alat pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa PBL dengan otomatisasi alat pertanian memiliki dampak positif terhadap keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. PBL dengan otomatisasi alat pertanian merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa SMK Nasional Dawarblandong. Implementasi PBL dengan otomatisasi alat pertanian perlu ditingkatkan dan diperluas ke jurusan lain di SMK Nasional Dawarblandong

Downloads

Published

2024-10-17

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>