Efek Karakteristik Individu dan Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Aggressive Driving pada Pengemudi Angkutan Umum di Kota Surabaya

Main Article Content

Binti Mualifatul Rosydah
Dewi Kurniasih
Rina Sandora

Abstract

Sejarah suksesnya suatu negara menjadi
kekuatan ekonomi dunia, berawal dari perubahan paradigma
pembangunan yang menempatkan investasi modal manusia
(investment of human capital) menjadi prioritas dalam
pembangunan. Salah satu menginvestasikannya adalah dengan
cara mengalokasikan perhatian melalui pendidikan dan
kesehatan pada pengemudi kendaraan bermotor, khususnya
pada sopir angkutan umum agar angka kecelakaan dijalan raya
menurun. Indonesia dalam hal membantu penginvestasian ini
diwujudkan dalam Pasal 203 Undang-Undang No 22 tahun
tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang berbunyi "Pemerintah
bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas dan
angkutan jalan" (UU LLAJ RI, 2009).
Penyebab kecelakaan salah satunya adalah adanya
agressive driving yang timbul dalam diri pengemudi.Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui karakteristik individu yang
mempengaruhi seorang pengendara sehingga berkendara secara
aggressive driving dan factor lingkungan yang berpengaruh
terhadap perilaku aggressive driving. Metode penelitian yang
digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan
multikorelasi bertingkat. Penelitian ini dilaksanakan di terminal
Joyoboyo dan terminal Bratang yang ada di Kota Surabaya.
Populasi adalah seluruh sopir angkutan umum yang telah
bekerja minimal 6 bulan sebagai sopir angkutan (lyn) di
Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan umur yang
produktif (23-35 tahun) dan status pernikahan yang didukung
kondisi panas, berdebu dan waktu tunggu yang lama ketika di
terminal yang memacu seorang pengemudi bertindak menjadi
agresive ketika berkendara. Oleh karena itu, perlu diambil
sejumlah tindakan pengendalian agar lingkungan dapat menjadi
lebih nyaman dan mendapatkan perhatian oleh pemerintah.

Article Details

Section
Science and applied technology

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7