Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sebagai Penyerap Emisi Karbon Dioksida (CO2) di Jalan Raya Darmo, Surabaya

Main Article Content

Rosy Ambarwati
Ahmad Erlan Afiuddin
Tarikh Azis Ramadani

Abstract

Jalan Raya Darmo Surabaya merupakan salah satu jalan protokol yang menjadi akses jalan besar menuju ke tengah kota. Kendaran bermotor yang berlalu lalang mengakibatkan meningkatnya beban emisi CO2. Jalan Raya Darmo dibagi menjadi 5 zona. Silakukan perhitungan jumlah dan jenis kendaraan bermotor dengan metode Traffic Counting untuk mengetahui nilai beban emisi CO2 pada masing masing zona. Beban emisi pada zona 1-5 secara berurutan adalah (685.943,11 g CO2/jam; 658.083,21 g CO2/jam; 309.060,40 g CO2/jam; 357.067,61 g CO2/jam; 511.589,86 g CO2/jam). Perhitungan beban emisi juga dilakukan pada setiap zona untuk 5 tahun kedepan, beban emisi pada zona 1-5 secara berurutan adalah (735.117,92 g CO2/jam; 813.743,68 g CO2/jam; 408.267,51 g CO2/jam; 497.438,49 g CO2/jam; 614.730,96 g CO2/jam). Kecukupan RTH selama 5 tahun kedepan pada seluruh zona dapat diketahui dengan melakukan perhitungan RTH dengan nilai daya serap pada zona 1-5 secara berurutan adalah (163.431,21 g CO2/jam; 145.390,87 g CO2/jam; 114.549,13 g CO2/jam; 181.842,74 g CO2/jam; 116.205,06 g CO2/jam) dari perhitungan tersebut zona 1 sampai dengan zona 5 RTH pada zona tersebut hanya mampu mereduksi beban emisi CO2 17,87%- 36,56% dan harus dilakukan perencanaan ulang dengan mengganti pohon yang memiliki daya serap rendah dengan pohon trembesi, dan setelah dilakukan pergantian pohon mampu mereduksi beban emisi CO2 sebesar 68,13%-100%.

Article Details

Section
Articles