Perancangan Mekanisme Angkat Boatlift Crane yang Sinkron dengan Kapasitas Swl 15 Ton pada PT.F1 Perkasa

  • Ardian Dwi Dermawan
  • I Putu Shindu A
  • Ruddianto .
Keywords: Boatlift crane, mekanisme, sinkronisasi pengangkatan

Abstract

PT.F1 PERKASA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan perbaikan
kapal. Salah satu fasilitas utama yang dibutuhkan saat ini adalah adanya sarana yang mengangkat
dan memindahkan kapal, baik dari darat ke air maupun sebaliknya. Dengan mengacu pada bentuk
crane yang ada di ppns serta penyempurnaan sistem yang ada, dilakukan perencanaan mekanisme
boatlif crane yang sinkron dengan kapasitas swl 15 ton.
Perencanaan boatlift dilakukan melalui beberapa tahapan yang meliputi desain konstruksi,
perhitungan pulley,perencanaan tali, drum, motor, poros, perencanaan roda , dan akan di lakukan
proses assembly dan perakitan prototype boatlift. Untuk sistem pengangkatan yang sinkron pada
boatlift direncanakan mennggunakan tali belt (lifting belt) yang akan ditarik menggunakan sistem
drum dan pulley (katrol) yang digerakan oleh motor.
Untuk mendapatkan mekanisme angkat boatlift yang sinkron dilakukan dengan menggunakan
sistem alur tali yang berjalan terus menerus tanpa ada sistem tali mati. Hasil perencanaan
diperoleh perbandingan pulley sebanyak 14 pulley pada satu sisi boatlift dan 8 lengkungan di setiap
hoist, sistem pengereman menggunakan break system yang terdapat pada motor dan juga pada
drum, ukuran tali memiliki diameter sebesar 12 mm, pulley ukuran diameter 300 mm, drum
berdiameter 345 mm,poros drum berdiameter 80 mm, daya motor lifting sebesar 2 kW, daya motor
traveling sebesar 5 kW, daya motor slewing sebesar 2,6 kW, sabuk dipilih dengan kapasitas sebesar
5000 kg(per sabuk), dan generator set dengan daya 24 kVA.

Published
2018-01-19